Musik Sebagai Ajang Silaturahmi dan Pemantik Wisata


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Konferensi Musik Islam di IAIN Ambon Senin (5/3/2018) yang mengusung tema ‘Islam, Music, Peace in Indonesia and Beyond‘.

Dalam sambutannya, Menag memaparkan empat pandangannya soal musik.

Pertama, Lukman menilai musik dapat dijadikan sebagai instrumen yang menenangkan hati dan emosi. Ia juga menilai musik dapat memberikan kesan indah yang mampu menggugah dan menghantarkan manusia pada kesadaran akan fitrah kemanusiaan yang tidak lepas dari masalah dan keberadaan Yang Maha Sempurna.

Kedua, jadikan musik sebagai media pemersatu bangsa. Secara filosofis, musik mengajarkan persatuan dalam keragaman dan kesatuan dalam perbedaan.

“Bukankah simponi musik adalah hasil perpaduan dari alat yang berbeda-beda? Bukankah pendengaran kita akan terganggu jika ada salah satu alat musik yang tidak bunyi?” jelasnya.

Untuk itulah Lukman mengajak masyarakat mensimponikan bangsa ini dengan merajut persatuan dan kesatuan, dengan begitu Indonesia akan dapat dirasakan getaran harmoninya.

Pesan ketiga, jadikan musik sebagai media komunikasi dan silaturahim antar anak bangsa. Musik merupakan bahasa universal yang mampu memadukan peradaban dan menciptakan solidaritas kemanusiaan.

Sejarah mencatat peran musik sebagai sarana pergaulan dan media komunikasi yang bisa dipahami semua orang.

“Musik sering jadi alat komunikasi kepada orang yang kita cintai guna mewakili suasana hati. Dengan musik, orang yang jauh akan mendekat, yang marah akan tersenyum. Itu hakikat silaturahim” katanya seperti yang dilansir dari Kemenag.go.id Senin (5/3/2018).

Pesan keempat, jadikan musik sebagai pemantik kehadiran wisatawan mancanegara. Lukman mengajak masyarakat Ambon menjadikan musik Indonesia, sebagai musik yang menarik, berkarakter, dan bermakna.

Dengan begitu, musik punya distingsi dan ekselensi sehingga menarik wisatawan dunia. “Musik daerah dan religi perlu dirawat dan dikembangkan sebagai khasanah Indonesia,” tambah Lukman.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Musik Sebagai Ajang Silaturahmi dan Pemantik Wisata

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format