Festival Pesona Bunaken 2018: Acara Wisata Bahari dan Budaya Paling Meriah di Manado


Event wisata yang masuk dalam Wonderful Indonesia tahunan, Festival Pesona Bunaken 2018 akan kembali diadakan di Pulau Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. Untuk waktu penyelenggaraan akan dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Juli 2018.

Festival Pesona Bunaken 2018 diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dengan maksud untuk melestarikan alam dan budaya di Pulau Bunaken sehingga dapat memberikan jaminan keberlangsungan pariwisata setempat yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Festival Pesona Bunaken 2018 akan diisi dengan beberapa kegiatan menarik, seperti pertunjukan seni dan budaya, permainan bola voli, lomba dayung perahu, pembersihan Bunaken, lomba menghias perahu Katinting, snorkeling, permainan tradisional dan pesta ikan bakar.

Bunaken adalah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, terletak di sebelah utara pulau Sulawesi, Indonesia. Bunaken merupakan bagian dari kota administratif Manado, ibu kota Sulawesi Utara. Taman laut di sekitar Bunaken adalah bagian dari Taman Nasional yang juga mencakup lautan di sekitar Pulau Manado Tua, Siladen dan Mantehage. Di Taman Laut Bunaken, Anda akan menemukan “putri duyung” yang sebenarnya, dan Anda juga bisa melihat sekilas kehidupan laut. Di dalam Taman Laut Bunaken, pengunjung dapat melihat berbagai kehidupan laut yang aneh dan berwarna-warni di sepanjang dasar lautnya. Untuk mencapai taman ini, Anda bisa naik boat. Perjalanan dari Manado memakan waktu sekitar 40 menit.

Selain Bunaken, Manado juga memiliki tempat wisata lain yang menarik seperti Danau Tondano, Pulau Siladen dan Taman Nasional Tangkoko. Manado juga terkenal dengan masakan tradisionalnya, seperti ayam woku belanga, cakalang fufu, bubur tinutuan dan ayam rica-rica.

Wakil kepala promosi investasi di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Himawan Hariyoga mengatakan meski Manado tidak masuk dalam daftar prioritas 10 kementerian pariwisata, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Manado terus meningkat.

“Jumlah pengunjung yang datang ke Manado telah meningkat luar biasa. Jika saya tidak salah, jumlahnya meningkat dari 12.000 orang per tahun menjadi 12.000 per bulan. Dengan program ini kita bisa menarik lebih banyak wisatawan dan memperbaiki perekonomian di Manado, “kata Himawan.

Himawan mengatakan sebagian besar wisatawan berasal dari China dan dia yakin China akan menjadi salah satu investor terbesar di Manado.

“Ini terkait dengan tersedianya rute penerbangan langsung dari beberapa kota di China ke Manado,” kata Hariyanto.

China adalah negara besar dengan populasi terbesar di dunia. Pada 2015, jumlah wisatawan asal China tercatat 120 juta orang. Negara ini kekurangan pantai dan memiliki empat musim dalam setahun.

“Mereka menyukai wisata bahari dan Manado dan sekitarnya menawarkan destinasi kelautan kelas dunia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menurut data BKPM, investasi di Sulut sebagian besar didominasi sektor kelistrikan, gas dan air. Tercatat investasi domestik mencapai Rp 3,4 triliun (US $ 254,43 juta) sedangkan investasi asing mencapai US $ 209 juta.

Tiga belas persen, atau $ 26,9 juta, dari total investasi asing adalah untuk sektor pariwisata, khususnya investasi hotel dan restoran.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Festival Pesona Bunaken 2018: Acara Wisata Bahari dan Budaya Paling Meriah di Manado

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format