Festival Lima Gunung 2018 Magelang Bakal Dimeriahkan Puluhan Seniman


Magelang kembali akan menggelar Festival Lima Gunung 2018 pada tanggal 20 – 22 Juli 2018. Festival ini akan diadakan  di antara gunung Merapi dan Merbabu di dusun Keron, desa Krogowanan, Kabupaten Sawangan, Kabupaten Magelang. Acara tahun 2018 yang merupakan acara yang ke-17 kali digelar ini akan diawali dengan acara pembukaan di Candi Gunung Wukir, dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Diperkirakan akan ada 60 kelompok seniman berpartisipasi dalam Festival Lima Gunung 2018. Selama festival, para seniman yang berpartisipasi akan menampilkan pertunjukan musik dan tarian tradisional dan kontemporer, instalasi seni berbasis alam, karnaval budaya, peluncuran buku, ritual dan banyak lagi. Festival tidak hanya mengakomodasi seniman dari dalam masyarakat, tapi juga dari kelompok lain di Magelang, dan juga dari kota-kota besar.

Tujuan utamanya adalah untuk membawa seni pertunjukan ke masyarakat umum dan melibatkan penghuni lokal dalam persiapan acara – sesuai dengan konsep gotong royong Jawa yang dapat diterjemahkan sebagai kerjasama di antara banyak orang untuk mencapai tujuan bersama.

Festival Lima Gunung merupakan festival tahunan yang diadakan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Nama tersebut mengacu pada lima gunung yang sebenarnya (empat di antaranya adalah gunung berapi aktif atau tidak aktif) yang berada di dan sekitar Kabupaten Magelang – Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Andong.

Tapi geografi unik semacam itu bukanlah satu-satunya ciri khas daerah ini, namun juga seni tradisional dan budaya. Festival Lima Gunung telah diselenggarakan sejak tahun 2002 oleh komunitas kognitif. Komunitas Lima Gunung, yang terus tumbuh lebih besar setiap tahun, mempersatukan orang-orang dari berbagai latar belakang – seniman, artis, pendidik, akademisi dan tetua setempat.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Festival Lima Gunung 2018 Magelang Bakal Dimeriahkan Puluhan Seniman

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format