Budaya Betawi Modern & Tradisional Tersaji di Festival Pulau Untung Jawa 2018


Kemasan menarik tersaji dalam gelaran Festival Pulau Untung Jawa 2018, di Kepulauan Seribu, Jakarta. Festival di Pantai Sakura, Sabtu (17/2), menyandingkan budaya Betawi dan modernisitas kehidupan saat ini.

“Festival Pulau Untung Jawa selalu ditunggu oleh wisatawan. Semua potensi dan kekayaan budaya Betawi disajikan di sini. Secara historis, Pulau Untung Jawa sangat kuat. Kami ucapkan selamat ulang tahun ke-64 Pulau Untung Jawa,” ujar Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah.

Pulau Untung Jawa lahir pada 13 Februari 1954. Hari lahir itu ditandai perpindahan penduduk dari Pulau Ubi ke Pulau Untung Jawa. Dan hingga saat ini, kearifan lokal tetap dipegang teguh oleh warga Pulau Untung Jawa.

“Banyak kemajuan yang dicapai pulau ini. Namun, masyarakatnya tetap mempertahankan budaya. Potensi tersebut akan menjadi daya tarik wisatawan,” tuturnya.

Salah satu budaya yang diperlihatkan dalam festival adalah Palang Pintu. Tradisi khas Betawi ini disajikan lengkap dengan pantunnya. Sebagai ucapan selamat datang bagi wisatawan, Tari Ganjang ditampilkan.

Para pengunjung juga dihibur dengan Tari Lenggang Nyai. Tarian itu dibawakan siswi SMPN 285 Pulau Untung Jawa. Kesenian khas Betawi yang sudah sangat dikenal, Ondel-Ondel, tak lupa ditampilkan. Adrenalin wisatawan pun diajak berpacu oleh atraksi pencak silat dari Perguruan Ksatria Kera Putih.

Menariknya, aksi pencak silat khas Betawi itu dibuka oleh generasi milenial Pulau Untung Jawa. Demo jurus diawali kids zaman now yang berjenis kelamin laki-laki, lalu diteruskan perempuan. Dengan lincah, mereka unjuk kebolehan secara beregu.

Pada sesi berikutnya, giliran sesepuh dari Pulau Untung Jawa yang beraksi. Gerakan jurus kera hingga bangau diberikan. Aksi mereka ditutup demo duel tangan kosong.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Budaya Betawi Modern & Tradisional Tersaji di Festival Pulau Untung Jawa 2018

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format