Perkembangan Wisata Halal di Sumatera Barat Tuai Pujian


Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), memuji potensi pengembangan pariwisata halal di Sumatra Barat. Menurutnya, konsep wisata halal dengan moslem friendly destination sangat dekat dengan karakter masyarakat Minang. Apalagi, lanjutnya, Sumbar pernah memenangi kompetisi destinasi wisata halal di tingkat internasional pada 2016 lalu.

TGB memandang, kolaborasi yang pas antara karakter masyarakat Minang dan panorama alam yang apik, dan kekayaan sejarahnya menjadikan Sumatra Barat sangat potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata halal yang unggul. Bahkan ia juga menilai bahwa Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa saja berkolaborasi untuk menggenjot angka kunjungan wisata.

“Bahkan, tidak hanya dua daerah ini saja. Karena wisata halal tidak bisa ditangani satu atau dua provinsi saja. Jika dapat semua provinsi di Indonesia,” ujar TGB usai menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Danau Cimpago, Kota Padang, Jumat (9/2).

TGB juga tak segan-segan membagi strateginya dalam mengembangkan NTB, khususnya Lombok, menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan Muslim dunia. Terdapat 4 strategi pokok yang dijalankan TGB dalam membangun konsep pariwisata halal di Lombok.

Pertama, lanjutnya, adalah kesamaan pandangan dan target bagi seluruh jajaran Pemerintah Provinsi NTB. TGB meminta seluruh pejabat di lingkungan Pemprov NTB untuk beraudiensi dengan pemerintah kabupaten/kota yang ada. Penyamaan pandangan di level provinsi dan daerah menjadi penting agar di kemudian hari tidak ada percabangan tujuan pembangunan.

Sementara strategi kedua yang diungkapkan TGB adalah dibuatnya payung hukum yang kuat dalam menjamin pariwisata berkelanjutan. Ia juga menyebutkan bahwa provinsi yang ia pimpin menjadi salah satu daerah dengan regulasi tentang pariwisatanya terlengkap di Indonesia. Strtegi ketiga adalah mengintegrasikan pengembangan pariwisata dengan sektor lainnya, seperti infrastruktur. Tak bisa dipungkiri bahwa infrastruktur merupakan modal kuat pengembangan destinasi wisata.

“Bicara pariwisata tak bisa sektoral. Harus terintegrasi. Nah strategi keempat adalah inovasi dan kreativitas,” jelas dia.

TGB secara khusus hadir di Padang, Sumatra Barat untuk menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional 2018 bersama Presiden Jokowi. Sebelumnya, ia juga sempat melakukan safari dakwah di sejumlah masjid di Sumatra Barat.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perkembangan Wisata Halal di Sumatera Barat Tuai Pujian

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format