Pengunjung Tumpah Ruah Padati Lokasi Event Pasola Lamboya


Geliat pariwisata Sumba Barat semakin melesat terlihat dari tingginya antusiasme masyarakat pada perhelatan tahunan Pasola pada 10 Februari 2018. Lebih dari 150 peserta (penunggang kuda) dari 4 kecamatan di Kab. Sumba Barat meramaikan event budaya ini.

Rencananya, Pasola akan diladakan 3 kali di lokasi yang berbeda, yaitu Pasola Lamboya, Pasola Wanukaka, dan Pasola Gaura.

Dihadiri oleh Asisten Sekda Kab. Sumba Barat, Sekretaris Daerah Kab. Sumba Barat, Ketua DPRD Kab. Sumba Barat, Bupati Kab. Sumba Barat, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Kodim 1613 Sumba Barat, Wakil Ketua DPRD Kab. Sumba Barat, membuka Pasola Lamboya di Lapangan Hobba Kalla, Lamboya, Sumba Barat, 10 Februari 2018.

Sebenarnya, festival ini bukan hal baru di Pulau Sumba. Pasalnya, festival budaya ini setiap tahun diadakan. Geliat wisata Sumba yang satu ini mempunyai ciri khas tersendiri yakni dilakukan berdasarkan ritual adat Sumba.

“Sumba sangat kental dengan adat maka secara otomatis harus menghormati adat itu. Adat juga bisa dijadikan daya tarik buat wisata. Sehingga wisatawan mempunyai keinginan mendalami serta belajar soal budaya di Indonesia khususnya di Sumba, dan Festival Pasola juga bagian dari atraksi yang sangat menarik,” ucap Kepala Bidang Pemasaran Area II (Nusa Tenggara – Timor Leste), Florida Pardosi.

Di sisi lain, Kadispar Sumba Barat Sabatorro menambahkan keberadaan Pulau Sumba semakin eksotis berkat pengakuan dunia atas Hotel Nihiwatu. Bahkan, diyakini olehnya Sumba kian dicintai wisatawan berkat tradisi dari leluhur Pulau Sumba yang bisa membawa wisatawan semakin betah di pulau yang mempunyai julukan lain yakni Hidden Paradise.

“Wisatawan yang datang ke Sumba di 2016 sebanyak 11 ribu, lalu di 2017 sebesar 13 ribu di 2017, dengan kehadiran Festival Pasola maka kami yakin jumlah wisatawan semakin bertambah lebih besar,” urainya.

Disadari olehnya, dengan kehadiran Festival Pasola membuat pihaknya semakin mempercepat speed-nya khususnya dari sisi penginapan. Terlebih, di Sumba itu sendiri banyak penginapan yang sifatnya resort dan private.

Untuk pergerakan cepatnya, sejak mendapat pengakuan dunia Pemerintahan Kabupaten Sumba menyadari betapa dahsyatnya perkembangan pariwisata. Oleh karenanya, di setiap enam bulan pertumbuhan penginapan terus bertambah.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung Tumpah Ruah Padati Lokasi Event Pasola Lamboya

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format