15 Investor Amerika Serikat Akan Jajaki Investasi di KEK Mandalika


15 warga Amerika Serikat akan berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka bukanlah wisatawan biasa melainkan para investor kelas kakap yang akan menjajaki potensi investasi di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika.  Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Lalu Moh Faozal mengatakan kini segala persiapan untuk menyambut kedatangan 15 investor itu sedang dilakukan.

“Mereka ingin menjajaki potensi investasi di NTB, khususnya di kawasan wisata Mandalika,” kata Faozal di Mataram, Rabu, 31 Januari 2018.

Faozal mengatakan dirinya mengetahui informasi ini dari Konsulat Ekonomi KJRI New York Winanto Adi. Rencananya para investor tersebut akan berkunjung ke NTB pada 18-19 Februari 2018.

“Nanti 15 investor ini berkunjung ke NTB ditemani konsulat Indonesia di KJRI New York,” terangnya.

Menurut Faozal kedatangan para investor ini merupakan peluang bagi NTB untuk mempromosikan semua potensi investor yang ada di KEK Mandalika. Jika ini terealisasi, maka Pendapatan Asli Derah akan terdongkrak dan akan berimbas kepada perekonomian warga NTB.

Seperti diketahui KEK Mandalika memiliki luas 1.175 hektare yang telah mendapat komitmen investasi senilai Rp12,7 triliun. KEK Mandalika sendiri merupakan KEK Pariwisata pertama yang telah diresmikan operasionalnya oleh Presiden RI Joko Widodo pada 20 Oktober 2017.

Jika komitmen itu dapat tercapai, setidak ada 5.000 tenaga kerja dapat terserap dan kemungkinan bisa lebih jika ada investor susulan yang menanamkan modalnya di KEK Mandalika.  Selain tenaga kerja, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) juga bakal meroket dan dapat membantu memenuhi target pemerintah di tahun 2019 yakni sebesar 20 juta kunjungan wisman.

Saat ini, tercatat sebanyak tiga investor sedang membangun hotel berbintang lima di KEK Mandalika yaitu Pullman Hotel, Royal Tulip Hotel serta X2 Hotel. Tiga investor lainnya diharapkan mulai membangun hotel di kawasan ini pada awal 2018 yaitu ClubMed Hotel, Paramount Hotel serta Mozaique Jiva One Sky Hotel.

Pembangunan KEK yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 ini ditargetkan mencapai Rp2,2 triliun dengan investasi pelaku usaha mencapai Rp28,64 triliun pada 2025.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 Investor Amerika Serikat Akan Jajaki Investasi di KEK Mandalika

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format