Menpar Sebut Vietnam Pesaing Utama Indonesia di Sektor Pariwisata


Indonesia kini tidak akan  memandang sebelah mata terhadap Vietnam, jika bicara pariwisata. Negeri berpenduduk yang kurang dari 100 juta orang itu, mampu mengembangkan pariwisatanya, sehingga banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Vietnam. Bahkan tahun ini, target jumlah kunjungan wisman yang ditetapkan Vietnam sama dengan Indoensia yakni 17 juta wisman,

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyebut Indonesia harus siap menghadapi persaingan dengan Vietnam. Pasalnya Vitenam sudah mempersiapkan segalanya agar target kunjungan wisman di tahun 2018 tercapai.

Salah satu cara yang ditempuh Vitnam untuk menarik wisman adalah dengan mederegulasi besar-besaran aturan  yang menghambat investasi di sektor pariwisata. Menurut Menpar upaya yang dilakukan Vietnam ini mirip dengan Jepang. Pada 5 tahun lalu, Jepang mederegulasi  semua aturan yang menyulitkan investor pariwisata. Cara ini berhasil dijalankan Jepang dan jumlah kunjungan wisman ke negeri sakura itu naik hingga dua kali lipat.

“Kalau mau menang ujungnya deregulasi. Jepang naiknya dua kali lipat dari 2011 ke 2013, dari 9 juta ke 20 juta hanya dalam dua tahun. Vietnam melakukan deregulasi besar-besaran. Sehingga dia menjadi investor darling karena mudah sekali investasi di sana,” kata Menpar di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, 30 Januari 2018.

Menurut Arief, dengan melakukan deregulasi Vietnam berani menargetkan jumlah kunjangan wisman di tahun ini sebesar 17 juta kunjungan. Padahal selama ini jumlah kunjungan wisman Vietnam berada jauh di bawah Indonesia.

“Vietnam targetkan 17 juta, padahal dia start dari angka yang jauh lebih rendah dari Indonesia,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Arief berharap pemerintah terutama Kemenko Perekonomian untuk terus melakukan deregulasi sehingga target wisatawan yang datang ke Indonesia bisa ditingkatkan.

“Jadi bisa menggerakkan perekonomian nasional menjadi lebih baik lagi karena banyaknya investasi yang masuk,” ujarnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menpar Sebut Vietnam Pesaing Utama Indonesia di Sektor Pariwisata

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format