Bekraf Kolaborasi Pihak Swasta Lengkapi Ekosistem Food Startup Indonesia


Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melaunching platform Food Startup Indonesia (FSI) 2018, www.foodstartupindonesia.com. Para pengusaha rintisan (startup) kuliner bisa mendaftar untuk mengikuti demoday FSI 2018 yang dibuka hingga 26 Juni 2018. 100 startup kuliner lulus kurasi berkesempatan tergabung pada expo (27-29 Juli 2018), mentorship (30-31 Juli 2018) dan final pitching (1 Agustus 2018) sebagai  rangkaian acara demoday FSI 2018.

Platform yang diinisiasi oleh Bekraf ini terbuka untuk umum. Selain keikutsertaan pada demoday FSI, para startup kuliner dari idea stage pun bisa terhubung dengan ekosistem kuliner jaringan Bekraf melalui platform ini, antara lain mentor, perusahaan, investor, serta kegiatan Bekraf terkait kuliner.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, menjelaskan FSI diawali dengan kegiatan-kegiatan untuk para startup, dan akhirnya dibuat spesifik untuk sub sektor ekonomi kreatif (ekraf) kuliner yang merupakan salah satu sub sektor unggulan yang berkontribusi lebih dari 40% pada PDB Ekonomi Kreatif di Indonesia di akhir 2017.

“Kreativitas anak muda bangsa, peluang sangat besar luar biasa bagi kita untuk menggerakkan perekonomian nasional lewat produktivitas di industri kuliner,” ungkap Fadjar.

Acara yang digelar di Hotel Luminor, Jumat, 26 Januari 2018 lalu ini, dihadiri oleh ekosistem kuliner yang dibangun Bekraf, antara lain pemerintah, swasta, startup kuliner, mentor,  perwakilan BPOM, dan media.

Bekraf menggandeng swasta untuk mengembangkan ekosistem kuliner Indonesia untuk bersaing di pasar lokal dan global. Investor dilibatkan sejak tahap seed, sedangkan perbankan dirangkul saat startup sudah memenuhi kriteria pembiayaan perbankan.

“FSI bagaimana kita membangun ekosistem. Ekosistem industri kuliner dari ide-ide para startup dieksekusi menjadi bisnis. Kita tidak mungkin bekerja sendiri, swastanya harus mendukung. Big companies saya kira punya kapasitas kapabiltas untuk mendorongstartup startup untuk scale up, untuk siap bersaing dengan pemain-pemain di luar negeri, bangsa lain. Kita kolaborasi, ekosistem sudah semakin lengkap,” tegas Fadjar.

Perwakilan Salim Group, Arthur Salim mengungkapkan pertimbangan kerjasama dengan Bekraf yaitu membuat kuliner Indonesia menjadi sangat popular. Ia juga menekankan implementasi inovasi pada kuliner Indonesia dan memperkenalkannya di kota-kota jaringan mereka di Indonesia. “Kita membuat produk akselerator, new innovation, new product, jaringan membawa makanan Indonesia untuk meningkatkan popularitas kuliner Indonesia di global pasar,” kata Arthur.

Kasubdit dana masyarakat Bekraf, Hanifah Makarim, memperkenalkan top three FSI 2017 yaitu Matchamu, Ladanglima, dan Chilibags yang menginformasikan keunggulan yang mereka dapatkan setelah bergabung FSI.

Lintang, founder Matchamu mengakui ia tidak tahu harus membawa produknya kemana sebelum bergabung FSI. “Join FSI, kompetisi, tahu banyak hal yang perlu diselesaikan ke depan. Kita punya target become better dan betterbigger dan bigger. FSI inkubasi matchamu yang sangat signifikan dan kami dapat banyak sekali promosi Bekraf mulai dari pameran internasional dan lokal,” ucap Lintang.

Salah satu kelanjutan FSI 2017 yaitu terjalinnya kerjasama antara Ladanglima dan investor, Lima Ventura, dengan penandatanganan MoU. Perwakilan Lima Ventura menjelaskan founder startup adalah hal utama yang meyakinkan mereka untuk bekerjasama karena foundernya lah yang menjalankan bisnis.

Direktur Akses Non Perbankan, Syaifullah, mengumumkan sosialisasi FSI 2018 dilaksanakan di sepuluh kota di Indonesia Medan (13 Februari 2018), Bandung  (20 Februari 2018), Makassar (23 Februari 2018), Belitung (27 Februari 2018), Semarang (2 Maret 2018), Banjarmasin (6 Maret 2018), Malang (9 Maret 2018), Yogyakarta (13 Maret 2018), Surabaya (20 Maret 2018) dan Mataran (23 Maret 2018).


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bekraf Kolaborasi Pihak Swasta Lengkapi Ekosistem Food Startup Indonesia

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format