Menelisik Langkah & Strategi Hotel BUMN Tarik Minat Wisatawan


Salah satu unsur penting dalam pengembangan pariwisata adalah akomodasi. Menyadari hal itu, beberapa langkah disiapkan hotel BUMN untuk menyambut wisman. Akomodasi menjadi hal penting dalam unsur pengembangan pariwisata. Akomodasi yang bagus serta transportasi yang lengkap memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk menikmati liburan.

Dalam diskusi Markplus Center for Toursm & Hospitality di Markplus Main Campus Jakarta, Rabu (17/1), Iswandi Said selaku Direktur Utama Hotel Indonesia Natour mengungkapkan beberapa strategi menarik wisatawan untuk menginap di hotel.

“Di zaman sekarang, hotel tidak hanya sekedar akomodasi dan restoran. Namun juga meliputi akses yang mendukung perkembangan zaman. Bayangkan saja, tamu hotel saat check-in tidak menanyakan kasur, handuk atau pun makanannya. Tetapi mereka menanyakan user id dan WiFi,” ungkap Iswandi.

Menyikapi perkembangan zaman dan beragamnya turis yang datang ke Indonesia, Hotel Indonesia Natour telah mempersiapkan beberapa langkah untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Banyaknya hotel-hotel swasta di Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi hotel milik BUMN. Karena itu harus ada cara dan langkah pasti yang dilakukan untuk menarik dan membuat nyaman wisatawan menginap di hotel,” tambah Iswandi.

Adapun langkah yang akan dilakukan Hotel BUMN untuk menarik kunjungan wisman terbagi menjadi beberapa poin berikut :

1. Memperkuat akses seperti WiFi yang kuat demi mengikuti perkembangan zaman yang serba cepat.

2. Meningkatkan pelayanan hotel, baik dari segi akomodasi, transportasi, dan kuliner.

3. Mendukung program pemerintah yang mencanangkan 10 destinasi baru dengan meningkatkan pelayanan hotel.

4. Membangun hotel-hotel baru di sekitar destinasi baru, serta bekerjasama dengan hotel-hotel sekitar untuk dinaungi di bawah Indonesia Group.

5. Konsep pelayanan keramah- tamahan dengan mengangkat kearifan lokal menjadi poin pembeda antara hotel BUMN dengan swasta. Ini yang menjadi daya tarik yang dimiliki hotel BUMN. Contohnya welcome drink, di Sumut yaitu markisa, Padang dengan bengkuang dan sebagainya.

6. Bekerjasama dengan industri lain seperti transportasi, kuliner, dan atraksi.

“Dari semua poin di atas , yang menjadi poin penting dari hotel BUMN untuk meningkatkan kunjungan wisatawan adalah dengan menyajikan budaya dan kearifan lokal, tapi berstandar Internasional,” tutup Iswandi.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menelisik Langkah & Strategi Hotel BUMN Tarik Minat Wisatawan

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format