Luhut Tegaskan Tidak Ada Pulau di Indonesia Yang Dijual


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan tidak ada Pulau di Indonesia yang diperjualbelikan oleh Pihak Lain. Penegasakan disampaikan Luhut,  menyusul adanya  sebuah Pulau di Indonesia yang dijual di situs privateislandonline.com.

Menurut Luhut untuk dikelolah diperbolehkan,  namun tidak dijadikan pulau di Indonesia  sebagai hak milik. Pengelolahannya pun harus mengikuti aturan yang berlaku.

“Enggak boleh lah (dijualbelikan), masa pulau dibeli, kalau dia mau pakai kan bisa ada aturannya,” kata Luhut di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu, 17 Januari 2018.

Luhut tidak menjelaskan peraturan apa yang harus dipenuhi jika ingin menggunakan pulau di Indonesia, tetapi Ia memastikan pulau tidak dapat dikuasai oleh satu pihak saja.

Terkait situs privateislandonline.com. yang memasang pulau di Indonesia untuk dijual, Luhut mengatakan pihaknya akan menelusuri situs tersebut. Setelah dilakukan penelusuran dan diperiksa kebenarannya, Kementerian Koordinator Kemaritiman akan melakukan langkah apa yang akan diambil  terhadap situs tersebut.

“Saya belum tahu, lihat dulu. Ya kita terus ngomong ngomentarin tar kita sama dengan yang lain ngomentarin enggak lengkap datanya,” ujar Luhut.

Hal senada juga disampaikan   Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan Balok Budiyanto. Di tempat terpisah Balok  mengatakan  Pulau di Indonesia hanya boleh dipakai dengan rentan waktu yang disepakati ataupun disewakan.

“Undang-undang nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, orang asing tidak dapat mempunyai tanah dengan hak milik, hanya dapat memiliki hak pakai dan hak sewa, kata Balok seperti yang dikutip detik finance.

Jadi dipastikan bahwa asing tidak boleh membeli pulau milik Indonesia. Hal itu juga berlaku bagi orang Indonesia. Asing maupun orang Indonesia hanya diberikan hak kelola saja.

“Enggak boleh dia beli. Itu sendiri pun harus mengikuti prosedur yang ada (jika mau mengelola pulau),” tambahnya.

Pulau yang dijual privateislandonline.com. diketahui beranama Pulau Ajab di Kepulauan Riau. Pulau tersebut dijual seharga seharga 3,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 44 miliar. Di situs dijelaskan Pulau Ajab memiliki luas 74 acres atau sekitar 30 hektar.  Untuk menarik pembeli, privateislandsonline.com  mendeskripsikan Pulau Ajab yakni memiliki pantai putih yang masih alami dan belum dikembangkan.

Tak hanya pulau Ajab, privateislandonline.com juga menawarkan pulau Toja Una-Una di Sulawesi Tengah untuk dijual. Namun tidak disebut harga yang ditawarkan. Hanya ditulis harga sesuai dengan permintaan.

Aksi jual pulau Indonesia ini, tidak hanya kali ini saja dilakukan privateislandsonline.com , pada tahun 2012 lalu situs ini juga pernah menjual Pulau Gambar di Laut Jawa dan Pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luhut Tegaskan Tidak Ada Pulau di Indonesia Yang Dijual

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format