Disparbud DKI Ganti Koleksi Museum Bahari Yang Terbakar Dengan Replika


Bebeberapa koleksi Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan, Jakarta kini kondisinya memprihatinkan setelah terpanggang Selasa kemarin, 16 Januari 2018. Padahal koleksi-koleksi tersebut memiliki nilai sejarah yang diakui dunia.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta Tinia Budikarti mengatakan untuk menggantikan koleksi yang rusak dan terbakar, kemungkinan akan digantikan dengan membuat replikanya.  Tinia memastikan replika yang dibuat itu akan 100 persen seperti aslinya.

“Jadi kita kembalikan karena kita masih punya denahnya.Kita akan kembalikan lagi. Kemudian juga pameran yang ada di situ kita bentuk lagi,” ujar Tinia di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 17 Januari 2018.

Tina menjelaskan Untuk membuat replika ini memang tidak mudah, karena harus mencari bahan dasar yang mirip dengan aslinya, sedangkan koleksi-koleksi ini berusia ratusan tahun.

“Itu nilainya tak terhingga, bangunan dengan usia 300 tahun lebih, itu tahun 1771 sampai 1773 pembangunannya. Itu yang sulit kita kembalikan nilainya kayu kalau kita bisa dapat kayu sama besarnya, tetapi kayu 300 tahun lalu gimana,” jelas Tinia

Tania menuturkan, akibat kebakaran, Museum Bahari mendapatkan asuransi untuk bangunan dan koleksi. Karena itu, kata dia, yang harus disiapkan pemprov bukan persoalan anggaran, tetapi denah konstruksi gedung dan gambar koleksi agar seperti semula.

“Asuransi yang sudah diasuransikan itu koleksinya, kemudian kalau tidak salah bangunannya juga. Yang jelas kita sudah asuransi dan tahun ini sudah ada asuransi,” ujarnya.

Tania mengaku, kejadian yang melanda Museum Bahari menjadi bahan evaluasi jajarannya. Dimana pemerintah provinsi harus lebih intens memperhatikan bangunan cagar budaya.

“Mudah-mudahan jadi pelajaran buat kita, supaya lebih care lagi sama bangunan cagar budaya. Tentu penanganannya enggak bisa sama dengan bangunan baru,” kata Tania.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disparbud DKI Ganti Koleksi Museum Bahari Yang Terbakar Dengan Replika

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format