Menpar: Dongkrak Kunjungan Wisman Harus Customer Centric


Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memiliki terbosan baru untuk memenuhi target  20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2019 mendatang. Terobosan itu, yakni mentransformasikan Struktur Organisasi Kemenpar.

Dalam CEO massege, Menpar menyebut selama ini Selama ini, struktur organisasi ini masih menggunakan “dimensi fungsi” secara dominan atau “functional structure”, belum menggunakan “dimensi customer” sebagai dimensi primer.

“Saya ingin perubahan dipercepat, evolusi dipercepat. Bertransformasi organisasi menjadi customer-centric organization yg dipercepat,” Kata Menpar

Prof Alfred Candler, pakar organisasi dari Harvard menyebut bahwa “Structure Follows Strategy”. Jangan dibalik!

Dengan berorientasi pada customer, akan mewujudkan tujuan customer-centric strategy yg mencakup 3 hal, yakni pertama customer satisfaction. Tujuan yang dicapai ini yaitu adanya  kepuasan dari  wisatawan terhadap destinasi yang ditawarkan. Kedua adalah customer retention/loyalty. Di tujuan kedua ini, wisatawan akan selalu ingat destinasi yang ada di Indonesia. Karena memberikan penilian puas, diyakini dapat  kembali lagi untuk berkunjungan dan tentunya  loyal terhadap destinasi yang dikunjunginya. Dan terakhir adalah customer advocacy. Menpar menginginkan untuk tujuan ketiga ini banyak wisatawan merekomendasikan destinasi wisata kepada wisatawan lain.

Di akhir CEO massege-nya, Menpar menyebut sebuah struktur organisasi haruslah dibuat mengacu kepada strategi yg dijalankan, bukan sebaliknya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menpar: Dongkrak Kunjungan Wisman Harus Customer Centric

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format