Pariwisata di Kota Padang Sumbang PAD Rp 74 Miliar Sepanjang 2017


Tidak sia-sia kerja keras yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat dalam mempromosikan pariwisata di Kota Padang. Upaya itu akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan, yakni melonjaknya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata hingga 29 persen sepanjang tahun 2017.
Pemkot Padang mencatat pada tahun 2016, PAD di sektor pariwisata hanya Rp 57 miliar dan di tahun 2017 naik sebesar Rp 17 miliar atau menyentuh Rp 74 miliar.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengaku senang sektor pariwisata di Padang dapat menyumbang PAD begitu besar. Menurut Mahyeldi kenaikan PAD ini merupakan hasil kerja seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dalam menggenjot tingkat kunjungan wisata. Lonjakan penerimaan sepanjang tahun ini juga diharapkan akan menerus hingga 2018 mendatang.

“Jika dibanding tahun lalu, kenaikannya cukup tinggi,” ujar Mahyeldi, beberapa waktu lalu.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi. Medi menjelaskan PAD yang diraih dari sektor pariwisata berasal dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan atau rekreasi, serta retribusi tempat wisata.

Medi menilai pendapatan ini merupkan bukti keseriusan Pemkot Padang dalam memperhatikan sektor pariwisata di kota Pdang. Dengan komitmen  itu,  sudah banyak destinasi wisata di Padang yang dibenahi oleh Pemkot. Pembenahan dan revitalisasi wisata tahun 2017 ini dilakukan di sejumlah destinasi populer seperti Pantai Padang dan Gunung Padang.

“Pembenahan yang dilakukan akan mempercantik lokasi wisata. Akhirnya berdampak pada peningkatan kunjungan. Dan kemudian berdampak pula kepada peningkatan pendapatan masyarakat serta PAD Kota Padang,” kata Medi.

Menurut Mehdi tidak hanya menghasilkan PAD saja, namun pembenahan destinasi-destinasi wisata juga berimbas ke sektor lain, diantaranya investor. Sepan jang tahun 2017, tercata sudah ada lima investasi perhotelan di Kota Padang sepanjang 2017. Bahkan empat hotel di antaranya sudah beroperasi.

“Tidak saja berpengaruh positif kepada PAD, akan tetapi terbukanya lowongan pekerjaan dan penambahan tenaga kerja,” katanya. (Sumber Republika)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pariwisata di Kota Padang Sumbang PAD Rp 74 Miliar Sepanjang 2017

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format