Sosmed, Solusi Tepat Promosikan Bali Paca Erupsi


Banyak pemangku kepentingan pariwisata yang mengakui pariwisata Bali lesu saat erupsi Gunung Agung terjadi. Bandara Ngurah Rai yang tutup beberapa kali berimbas pada penurunan kedatangan wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara.

Kini, tidak ada kata santai ketika aktivitas Gunung Agung menurun. Semua harus berkeja untuk mempromosikan Bali kepada dunia luar. Ketua Perhimpunan Pengusaha Taman Rekreasi) Bali, Indha Trimafo Yudha, mengatakan salah satu promosi yang tepat untuk kembali mengangkat pariwisata Bali melalui media sosial (sosmed). Menurut Indhapromosi lewat medsos lebih luas menjangkau massa sehingga sebaran informasinya juga bisa lebih luas.

Indha mengakui tempat rekreasi menjadi tempat yang sangat merasakan sepinya pengunjung saat aktivitas Gunung Api meningkat beberapa hari lalu. Penurunan kunjungan ke tempat rekreasi mengikuti penurunan dari kedatangan di bandar udara dan okupansi hotel. “Taman rekreasi sepi ya. Tinggal 10 persen, dari okupansi yang pernah ada. November memang sepi. Desember awal juga sepi. Tapi satu minggu sampai 10 hari menjelang Natal, itu mulai high season. Tapi sekarang turun 80-90 persen,” ungkapnya.

Indha merasa yakin promosi melalui sosmed adalah promosi yang sangat tepat untuk menyatakan Bali masih memiliki aktivitas pariwisata. Dalam promisi itu dicantumkan testimoni para wisatawan yang mengakui bahwa kini Bali aman untuk dikunjungi.

“Bahkan ada beberapa tamu minta diantar lihat Gunung Agung lebih dekat tapi dalam jarak aman. Ke depannya itu akan jadi tren, karena mereka ingin menjadi bagian dari sejarah, mereka bisa melihat langsung,” ungkapnya.

Dalam kondisi seperti ini, ia meminta semua pihak berperan. “Kita tidak boleh gengsi, tidak boleh terlalu teoritis untuk membangkitkan ekonomi pariwisata ini,” tandasnya.

Saat ini pun, ia bersama pelaku pariwisata lainnya sedang merestrukturisasi operasional manajemen agar terus dapat berjalan. “Karena kita itu berbisnis, semua diputar. Itu harus jadi perhatian pemerintah. Bagaimana memotivasi supaya tamu datang ke sini,” ungkapnya.

Menurutnya, pengalaman Gunung Agung ini harus dijadikan bekal untuk Bali dalam mencari pemasukan alternatif, selain pariwisata, baik UKM maupun IKM. (Sumber Bali Post)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sosmed, Solusi Tepat Promosikan Bali Paca Erupsi

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format