Festival Danau Toba Targetkan 5.000 Kunjungan Wisman


Danau Toba tidak lama lagi akan kebanjiran berbagai kegiatan bertajuk Festival Danau Toba (FDT) Sumatera Utara 2017. Event pariwisat ini bakal digelar di Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan 6 hingga 9 Desember 2017 dan rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Pariwisata Sumut sebagai pihak penyelanggara menargetkan FDT tahun dapat mendatangkan 5.000 wisatawan mancanegara (wisman).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Elisa Marbun optimistis akan banyak kunjungan, khususnya dari mancanegara karena Kementerian Pariwisata sudah mempromosikan FDT itu ke luar negeri. Hasil promosi itu pun cukup sukses banyak wisman yang bertanya tentang FDT dan tak sedikit juga yang sudah bulat untuk menyaksikan FDT di tengah keindahan Danau Toba.

Untuk mendukung kedatangan wisman, Badan Otorita Pengelolaan Kawasan Danau Toba (BOPKDT) sudah membuat dan menawarkan program paket perjalanan wisata selama dua hingga empat hari ke Danau Toba kepada pihak-pihak di Singapura yang dewasa ini sudah dilayani dengan penerbangan langsung ke Bandara Silangit.

Seperti banyak diberitakan aktivitas Bandara Internasional Silangit kini semakin bergeliat setelah Presiden Jokowi meresmikan terminal internasional di Bandara Silangit beberapa waktu lalu. Sampai dengan Kuartal III/2017 jumlah pergerakan pesawat di bandara ini sebanyak 2912 pergerakan. Angkanya meningkat 29% dibandingkan dengan Kuartal III/2016.

Melihat kondisi ini, Elisa pun semakin optimis kedatangan 5.00 wisman saat FDT digelar. Ia menegaskan pergelaran FDT di Sipinsur Humbang Hasundutan dengan banyak pertimbangan, seperti dapat merasakan pemandangan Danau Toba dari sisi yang lain. Selain itu, Sipinsur juga menjadi salah satu geosite dari geoarea Kaldera Toba.

Menurut Elisa akan banyak atraksi yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan wisman. Berbagai atraksi secara terus menerus sepanjang hari sehingga jam berapapun wisatawan datang, ada atraksi yang bisa disaksikan.

Rangkaian acara FDT, antara lain lomba vokal grup, pentas seni budaya, lomba lari lintas alam 9,2 kilometer dan lomba Ucok-Butet geopark.

Untuk lomba lari, sejumlah peserta dari Bandung dan Bali sudah mendaftar, sedangkan lomba Ucok-Butet untuk mencari duta geopark yang diharapkan mampu menyosialisasikan wisata dan budaya kawasan geopark Kaldera Toba.

Wisata kuliner yang sudah disiapkan sebanyak 50 stan dan 40 stan UKM. Para pegiat pariwisata juga diminta terus beroperasi hingga kegiatan usai setiap harinya.

Pada acara itu juga akan digelar seminar kepariwisataan guna menghasilkan rekomendasi untuk kebijakan pengelolaan kepariwisataan dan kebudayaan di kawasan Danau Toba pada masa mendatang.(Sumber Antara)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Festival Danau Toba Targetkan 5.000 Kunjungan Wisman

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format