Kembangkan Pariwisata, Pemprov Babel Berikan Sertifikasi Halal Gratis 1.000 UKM


Pemerintah Provinsi (Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus berkomitmen memperhatikan usaha kecil menengah (UKM) yang ada di provinsi Kepulauan Babel. Perhatian yang diperlihatkan salah satunya dengan memberikan sertifikasi halal secara gratis. Pemprov menargetkan 1.000 UKM yang akan diberikan sertifikasi tersebut.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, pemprov akan menggandeng Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Untuk produk-produk yang disertifikasi halal diantaranya mulai dari makanan, kosmetik, hingga hasil kerajinan Gubernur

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman berharap pemberian sertifikasi halal ini dapat dijadikan motivasi agar UKM di Kepulauan Babel dapat mendukung pengembangan pariwisata local.

“Kami berharap usaha kecil menengah tumbuh dan mendukung pengembangan pariwisata daerah. Mereka yang telah disertifikasi agar menjaga kualitas dan kebersihan produk,” kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Jumat, 17 November 2017.

Data dari Dinas Koperasi Usaha Kecil, dan Menengah (Koperasi dan UKM) Kepulauan Babel  menyebutkan hingga bulan ke 11 tahun ini sudah ada sekitar 150 produk sudah diberikan sertifikasi halal yang sebelumnya telah diseleksi tim LPPOM MUI

“Dengan adanya label halal, masyarakat merasa nyaman dalam mengonsumsi produk UKM.  Produk halal tidak hanya dicari wisatawan muslim, tetapi juga bagi non-muslim,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepulauan Babel Elfiyena

Elfiyena mengungkapkan, sertifikasi halal memiliki batas waktu berlaku dan diberikan secara gratis untuk UMKM yang masih baru. Bagi yang ingin memperpanjang, pelaku usaha akan menanggung biaya sendiri.

“Pemerintah daerah mengalokasikan biaya Rp 2 juta sampai Rp 3 juta untuk sertifikasi setiap UMKM. Biaya berbeda-beda tergantung jenis produk yang akan diuji,” ucap dia.

Atas program sertifikasi ini, kata Elfiyena, LPPOM MUI telah memberikan Anugerah Halal Award 2017  dalam konteks mendukung pariwisata halal. Dengan adanya anugera tersebut diharapkan dapat memompa semangat para UKM untuk mendapatkan sertifikasi halal. Selain sertifikasi halal dari LPPOM MUI merupakan sertifikasi yang telah diakui dunia dan juga dapat bersaing d ipercaturan perdagangan dunia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kembangkan Pariwisata, Pemprov Babel Berikan Sertifikasi Halal Gratis 1.000 UKM

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format