Ganjar Minta Dibangun Penginapan Agar Pariwisata di Sangiran Bergairah


Musem Purbakala Sangiran merupakan wisata edukasi yang menyenangkan. Di  Museum yang terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah ini memiliki banyak koleksi manusia purbakala. Museum ini dibuat, karena di Sangiran  ditemukan area situs fosil purbakala  yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun sayang museum tersebut relatif sepi pengunjung.

Padahal pembenahan untuk menarik pengunjung sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen untuk menarik pengunjung diantaranya membangun gedung baru sebagai ruang pameran sekaligus untuk melengkapi fasilitas yang sudah ada sebelumnya. Akan tetapi pengunjung yang datang pun tak sesuai harapan.

Mengatasi masalah ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan solusi agar Museum Purbakala Sangiran dapat dibanjiri pengunjung. Ganjar mengatakan yang perlu dikembangkan adalah pariwisatanya. Bicara parwisata maka semua aspek harus ikut dihadirkan seperti penghijauan dan tempat penginapan atau home stay.

Menurut politisi PDI-Perjuangan ini, upaya itu tidak dapat dikerjakan sendiri oleh Pemkab Sragen, perlu sinergi dengan pihak-pihak terkait salah satunya masyarakat.Masyarakat, kata Ganjar, jangan sampai hanya sekedar menjadi penonton. .

“Saya kira wisatawan belum tertarik ke sini karena belum ada penginapan. Kalau dikelola bersama masyarakat, membentuk homestay maka warga sekitar akan mendapatkan kemanfaatan,” ujar Ganjar disela penanaman pohon jati di Sangiran, Kamis, 16 November 2017.
Ganjar menilai Sangiran adalah destinasi wisata yang tak kalah menariknya dengan destinasi wisata di daerah lain. Jadi sayang jika tidak dikembangkan secara gotong royong, makan pariwisata di Sangiran akan stagnan. Ganjar pun mengakui kemiskinan warga sekitar museum yang relatif tinggi menjadi batu sandungan untuk mengembangkan pariwisata di Sangiran.
“Tinggal masyarakat mau apa tidak, kalau mau pasti kita akan bantu,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, gubernur bersama warga, pelajar dan penyuluh kehutanan provinsi menanam 9 ribu bibit pohon jati di Sangiran. Menurut dia, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menanamkan kecintaan pada alam.

“Kegiatan ini seharusnya tidak hanya seremonial saja, tetapi juga ada tanggung jawab soal merawat tanaman. Ini akan kita upayakan terus menerus mumpung cuacanya bagus,” ujarnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ganjar Minta Dibangun Penginapan Agar Pariwisata di Sangiran Bergairah

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format