Indonesia Urutan Ketiga Dunia Sebagai Wisatawan Melek Digital


Platform travel niaga terkemuka di dunia Travelport merilis hasil survey mengenai perilaku wisatawan global dalam menggunakan alat digital untuk merencanakan, memesan dan melakukan perjalanan. Dalam survey tersebut, wisatawan Indonesia menempati urutan ketiga setelah Cina yang menduduki posisi pertama dan India yang bertengger di posisi kedua.

Survei dilakukan secara online terhadap wisatawan global pada Agustus 2017 dari 19 negara yang tahun sebelumnya melakukan minimal satu kali perjalanan pulang-pergi menggunakan moda transportasi udara.

Adapun 19 negara asal wisawatan yang menjadi responden adalah Australia, Brazil, Kanada, China, Kolombia, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Spanyol, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Survey melibatkan 11.000 responden di 19 negara dengan rentang usia 19-55 tahun. Setelah seruvey dilakukan diketahui 93 persen wisatawan Indonesia menggunakan video dan foto dari media sosial (review), 71 persen menggunakan pencarian suara, 84 persen masih lebih memilih untuk berkonsultasi pada agen perjalanan.

“Laporan kami tersebut mencakup peringkat wisatawan digital, di mana India, China, dan Indonesia berada di puncak klasemen sebagai negara dengan pelancong paling bergantung pada alat digital di seluruh dunia. Peringkat tersebut berdasarkan pada kombinasi indiktor utama penggunaan alat digital oleh wisatawan di setiap negara,” kata Managing Director Asia Pasifik Travelport, Mark Meehan saat mengumumkan hasil survey Travelport  di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 14 November 2017.

Mark menyebutkan dengan posisi ini dapat disimpulkan masyarakat Indonesia melek akan teknologi digital dan menjadikan digital sebagai penunjang aktivitas.

“Ada 264 juta penduduk di Indonesia, dengan 50 persen pengguna internet, 44 persen aktif di media sosial, 141 persen terkoneksi dengan handphone, dan 40 persen pengguna media sosial yang aktif. Tidak heran jika model bisnis (travel) berganti menjadi mobile,” ujar Meehan

Kegemaran penduduk Indonesia menggunakan perangkat digital sebelumnya telah dibuktikan dalam survei Instagram, yang menunjukkan bahwa Jakarta merupakan kota yang paling sering menggunakan fitur tag stiker di Instagram Stories.

Setelah Indonesia, diposisi keempat hingga kesembilan di tempati wisatawan Brazil kemudian disusul oleh Arab Saudi, Meksiko, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, dan Kolombia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesia Urutan Ketiga Dunia Sebagai Wisatawan Melek Digital

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format