Ribuan Warga dan Wisman Antusias Saksikan Festival Way Kambas 2017


Festival Way Kambas 2017  di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) menjadi festival yang paling ditunggu-tunggu. Hal itu terlihat dari antusias ribuan pengunjung yang menyaksikan acara pembukaan festival ini pada hari Sabtu, 11 November 2017. Pengunjung tersebut berasal dari masyarakat Lampung dan wisatawan nusantara (wisnu) dan wisatawan mancanegara (wisman). Wisman yang hadir yang di festival ke 17 ini diantaranya India, Keny, Vietnam , Malaysia dan Kamboja.

Festival yang berlangsung hingga tanggal 13 November 2017  ini resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Muhammad Rido Ficardo di TNWK , Sabtu, 11 November 2017. Pembuka festival diawali dengan parade Gajah. Dalam parade gajah itu, Gubernur Rido ikut menaiki hewan yang menjadi ikon Lampung ini. Gubernur Rido tak sendiri saat menunggangi gajah jinak itu, Ia didampingi antara lain Bupati Lampung Timur Chusnunia Calim dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Parade Gajah ini juga diiringi pawai budaya SMP, SMA  dan sanggar budaya dari 24 kecamatan di Lampung Timur.

Gubernur Ridho menyatakan, Festival Way Kambas merupakan kegiatan tahunan sebagai ajang promosi pariwisata sekaligus wadah pelestarian yang bertujuan untuk mengkampanyekan pelestarian satwa-satwa endemik Sumatra yang terancam punah seperti gajah sumatera, harimau sumatera, badak sumatera, beruang madu dan tapir.

“satwa-satwa ini merupakan salah satu ikon pariwisata Lampung yang harus dijaga,  dilestarikan dan dijadikan kebanggaan bersama. Semoga ini mampu menjadi kegiatan yang lebih besar dan meriah,” kata Gubernur Ridho.

Taman Nasional Way Kambas (TNWK), lanjut Gubernur Ridho, merupakan salah satu konservasi tertua di Indonesia. TNWK ini sangat erat kaitannya dengan gajah, karena menjadi tempat perlindungan dan tempat latihan bagi para gajah, bahkan TNWK memiliki Pusat Konservasi Gajah (PKG) dan Rumah Sakit Gajah (RSG) satu-satunya di Indonesia. “Selain itu, TNWK juga menjadi konservasi badak dan keanekaragaman hayati, bahkan TNWK masuk menjadi ASEAN Heritage Park.” paparnya

Guna meningkatkan perkembangan Pariwisata di Lampung, Gubernur Ridho terus berupaya dalam meningkatkan  akses jalan menuju tempat-tempat wisata, salah satunya adalah akses jalan menuju TNWK. “Kedepan akses menuju ke TNWK dan tempat-tempat wisata lainnya akan menjadi lebih mudah seiring dengan beroperasinya jalan tol Trans Sumatera dan meningkatnya status Bandara Radin Inten II menjadi Bandara Internasional.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ribuan Warga dan Wisman Antusias Saksikan Festival Way Kambas 2017

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format