Menpar, Gubernur Aceh dan Wali Kota Sabang Luncurkan Sail Sabang 2017


Jelang digelar, Sail Sabang 2017 resmi diluncurkan Menteri Pariwisata (Menpar) M Arief Yahya, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, dan Wali Kota Sabang Nazaruddin di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis malam, 8 November 2017. Peluncuran ditandai dengan menempelkan telapak tangan oleh Menpar, Gubernur Aceh dan Wali Kota Sabang pada layar screen dan diikuti foto bersama seraya mengacungkan jempol.

Garda depan festival bahari Nusantara ini, akan diselenggarakan pada 28 November-5 Desember 2017 di Teluk Sabang. Tema yang diangkat ialah “trail of sea civilization”,  yang mempertunjukkan jejak peradaban laut di bumi Melayu. Tema ini diangkat untuk mengingatkan dunia bahwa Sabang pernah menjadi titik temu peradaban berbagai bangsa. Di antaranya seperti Arab, Cina, Eropa, dan India.

Kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung selama pelaksanaan Sail Sabang antara lain lomba perahu layar kelas dunia, wisata diving, marine expo, parade kapal tradisional, festival kopi dan kuliner, atraksi budaya, paramotor show, kunjungan kapal pesiar Islami, Kunjungan kapal Bima Suci dan Dewa Ruci, Terjun Payung Yacht Rally

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengaku saat ini pemerintah telah melakukan berbagai persiapan sebaik mungkin, sehingga tamu-tamu yang datang benar-benar mendapatkan kenyamanan dan ketenangan selama berada di Sabang.

“Pemerintah Aceh sudah siap, BPKS Sudah siap, Pemkot Sabang juga sudah siap untuk menyukseskan even besar Indonesia pada tahun 2017 ini,” kata Irwandi.

Selain itu kata Irwandi, even Sail Sabang juga menjadi kesempatan bagi Aceh pada umumnya untuk menunjukkan bahwa Aceh saat ini sudah benar-benar aman dan siap menerima tamu maupun investor dari manapun.

“Melalui kegiatan Sail Sabang kita tentu mengharapkan agar wisata Sabang semakin mendunia, sehingga Sabang dapat berkonstribusi mewujudkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019. Maka kami sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat,” lanjut Irwandi.

Walikota Sabang Nazaruddin menjelaskan untuk mensukseskan Sail Sabang 2017 telah dipersiapkan fasilitas akomodasi untuk kunjungan sekitar 5.000 tamu undangan di antaranya dipersiapkan penginapan apung kapal Pelni dan kapal yacht serta homestay sebanyak 19 buah dengan kapasitas 96 kamar.

Sementara itu untuk sarana transportasi udara dipersiapkan penerbangan ke bandara Sabang, dan transportasi laut antara lain dengan menambah kapal penyeberangan berupa tiga kapal cepat sebanyak 3 trip/hari dengan jumlah 2.400 penumpang serta kapal ferry lambat untuk mengangkut logistik.

Sementara itu, Menpar Arief Yahya mengatakan, Sabang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari karena potensi alam dan lokasinya yang strategis sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar (cruise) maupun kapal yacht dari mancanegara.

“Di kalangan wisatawan penggemar marine tourism, Sabang dikenal sebagai destinasi favourit karena para traveller bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain diving, snorkeling, fishing, sun-beaching, dan kegiatan wisata bahari lainnya dengan spot-spot yang menarik,” kata Menpar.

Arief Yahya menjelaskan, tahun lalu tepatnya November, kapal pesiar (cruise) yang singgah di Sabang sebanyak 10 cruise dengan membawa 6.137 wisman.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka event pariwisata bahari ini pada 28 November2017 di  Teluk Sabang. Selain sebagai lokasi pembuka, Teluk Sabang juga menjadi acara penutup event ini. Sementara itu lokasi lain yang akan menggelar event tersebut yakni Sabang Fair, Gapang Resort, dan Kilometer Nol.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menpar, Gubernur Aceh dan Wali Kota Sabang Luncurkan Sail Sabang 2017

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format