Pariwisata Tahun Ini Berpotensi Hasilkan Devisa Sebesar Rp 450 Triliun


Pada 2015 lalu, Presiden Jokowi telah menetapkan pariwisata sebagai leading sector atau sektor andalan untuk mendongkrak perekonomian nasional. Menurut Presiden untuk mencapai hal tersebut butuh sinergi antara kementerian,  karena bicara pariwisata bukan hanya tugas Kementerian Pariwisata, namun juga tugas Kementerian lainnya yang berkaitan seperti Kementerian Perhubungan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat.

Apa yang diamanatkan Presiden langsung dikerjakan semua Kementerian dan dibantu oleh stakeholder pariwisata lainnya. Hasilnya pada tahun 2016 lalu target kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 12 juta orang dan berhasil menyerap 11.700 tenaga kerja serta sukses menghasilkan devisa sebesar Rp 172,8 triliun. Untuk tahun ini pariwisata berpotensi meraih devisa sebesar Rp 450 triliun.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur saat di wawancara awak media di Kampu Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung beberapa waktu lalu.

Asman mengatakan potensi untuk menghasilan devisa yang nilai tidak sedikit itu,  perlu didukung dari semua lini seperti pengembangan tenaga kerja kepariwisataan. Jangan sampai potensi itu justru memberikan peluang bagi tenaga kerja asing.

“Ini perlu kita perhatikan dengan baik. Mengingat sektor pariwisata ini akan menjadi tumpuan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang,” kata Asman.

Menurut Asman pertumbuhan pariwisata Indonesia yang progres cukup baik perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Sinergi antara semua pemangku kepentingan jangan sampai putus. Asman melihat sampai saat ini, sinergi sudah terlihat dan bahkan mengelami peningkatan  dan kini dapat dibuktikan dengan naiknya daya Saing Pariwisata Indonesia yang dikeluarkan World Economy Forum (WEF) , dari 50 di 2015 menjadi peringkat 42 pada 2017

Asman menyebutkan apabila dibandingkan dengan negara-negara lain. Indonesia sebernarnya memiliki potensi yang sangat besar tapi kelemahannya Indonesia kurang pandai kenyajikan potensi industri pariwisata tersebut yang menjadi destinasi kunjungan wisatawan manca negara.

“Potensi wisata Indonesia ini sangat banyak tapi sayang kita tidak bisa menyajikannya dengan baik,” ungkap Menpan RB.

Untuk mengejar ketertinggalan ini pemerintah tengah membangun berbagai proyek infrastruktur strategis untuk mempermudah akses bagi pekembangan industri pariwisata maupun sektor lainnya.

“Salah satunya pembangunan bandara internasional karena rerata wisatawan manca megara itu masuk melalui jalur udara,” pungkasnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pariwisata Tahun Ini Berpotensi Hasilkan Devisa Sebesar Rp 450 Triliun

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format