Pagelaran Wayang Ajeng di Garut Sukses Sedot Ribuan Masyarakat


Meski di bawah guyuran hujan, namun tak menyurutkan keinginan ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan pementasan wayang oleh Ki Dalang Wawan Ajen di Alun-Alun Lembangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu malam, 4 November 2017 . Pementasan yang didukung Kementerian Pariwisata dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut itu,  menjadi atraksi wisata budaya yang diminati masyarakat Garut dan sekitarnya. Pementasan

Antusiasme masyarakat.Tua, muda, anak-anak, semuanya menyimak lakon per lakon wayang yang di dibawakan Ki Dalang Wawan Ajen. Agar suasana tidak kaku, Wawan Ajen kerap memunculkan lelucon dapat setiap adegan wayang yang ditampilkannya.

Serta tidak ketinggalan Komunitas Harley Davidson Kabupaten Garut yang turut memeriahkan acara. Puluhan motor besar itu menyita perhatian masyarakat karena ikut menikmati pementasan Wayang Ajen. Selain itu, pagelaran ini juga dihadiri dari unsure pemerintah  dan unsur anggota dewan seperti Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Ahman Sya, Bupati Kabupaten Garut yang dalam kesempatan itu diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan Gumilar, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Garut Ade Ginanjar, serta Wakil Ketua Komisi X DPR, Ferdiansyah yang turut mendukung pementasan tersebut.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Garut mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya promosi wisata antara Kementerian Pariwisata dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut melalui pagelaran Wayang Ajen,” ujar Budi Gan Gan Gumilar.

Ia berharap melalui pementasan ini diharapkan dapat meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Garut dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Garut. “Terima kasih Kementerian Pariwisata, terima kasih Pak Ferdiansyah, sekali lagi kita bersama untuk memajukan pariwisata Kabupaten Garut,” ujar Gan Gan Gumilar.

Pementasan Wayang oleh Ki Dalang Wawan Ajen kemarin menghadirkan lakon “Suluk Jabaninglangit”. Tema ini mengusung spirit dan nilai spiritual yang menyatu dalam diri manusia, antara Raga, Rasa, Rasio dan Ruhani dalam tatanan bilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT untuk memberikan kontribusi positif kepada bangsa yang kita cintai.

Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Ahman Sya mengatakan, pementasan Wayang Ajen merupakan salah satu daya tarik budaya yang memiliki peranan penting dalam pariwisata Indonesia.

Seperti diketahui bahwa ketertarikan wisatawan untuk berkunjungan ke Indonesia, khususnya wisatawan mancanegara, 60 persen dipengaruhi oleh faktor budaya. “Jadi ketika ada pertunjukan budaya yang menyentuh hati nurani masyarakat yang menjadi program Kemenpar ataupun dinas-dinas di daerah, akan menjadi daya tarik yang positif yang sangat tinggi. Sehingga berpengaruh dalam peningkatan kunjungan wisman dan wisnus,” kata Ahman Sya.

Melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Garut malam tadi, Ahman Sya pun menilai bahwa masyarakat sudah sangat siap dengan menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan di masyarakat..

Sementara iutu. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik terselenggaranya pementasan wayang oleh Ki Dalang Wawan Ajen. Terlebih pementasan diapresiasi dengan baik oleh masyarakat. “Hal ini menunjukkan masyarakat Garut, dan masyarakat Indonesia pada umumnya siap untuk kehadiran sektor pariwisata,” kata dia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pagelaran Wayang Ajeng di Garut Sukses Sedot Ribuan Masyarakat

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format