Menpar Ajak Stakeholder Pariwisata Untuk Revolusi Digital


Seperti tidak ada kata menyerah bagi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam menyemangati semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan pariwisata nasional. Kali ini dorongan semangat itu, disampaikan Menpar dalam acara  Indonesia Tourism Outlook 2018 yang dilangsungkan di Grand ballroom DoubleTree by Hilton Jakarta, Rabu, 11 Oktober 2017 lalu.

Di acara itu hadir Pengamat perekonomian Faisal Basri, Senior Vice President World Travel and Tourism Council (WTTC) Helen Marano dan Head of Destination Marketing APAC, TripAdvisor Sarah Mathew.

Menpar menjelaskan untuk mengembangkan pariwisata nasional butuh kemauan untuk merevolusi. Di era saat ini hanya ada tiga sektor yang perlu direvolusi yakni Telekomunikasi, Transportasi, dan Tourism.  Dari semua sektor itu revolusinya yakni beralih ke digital.

“saat ini bukan yang besar mengalahkan yang kecil tetapi yang cepat mengalahkan yang lambat, itulah yang  terjadi di era digital saat ini,” kata Menpar

Menpar menyebut pertumbuhan pariwisata di Indonesia di 2017 langsung meningkat hingga 25,68 persen. Lantas kenapa bisa tumbuh? “Karena kita pakai digital. Kita pakai yang terhebat yang ada di dunia. Bisa dipastikan tahun ini pariwisata akan menjadi nomor satu,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Helen Marano dari WTTC mengatakan, salah satu hal penting yang harus ada untuk mengembangkan pariwista adalah dukungan berbagai pihak. Termasuk pemerintah.

Pemerintah harus memberi ruang untuk semua pihak bekerja. Serta terkoneksi karena sangat banyak segmen di wisata jadi harus menciptakn ruang atau plaform untuk semua segmen. Termasuk pemerintah dan semua penggiat wisata dapat saling terkoneksi dan bekerja sama.

“Sustainable tourism jadi hal semakin diperhatikan. Tidak hanya untuk mencapai GDP tetapi juga untuk menjaga dan meningkatkan dampak wisata. Tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional. Perkembangan pariwisata Indonesia salah satu modal baik bagi pemerintah untuk lebih serius mengembangkan pariwisatanya” ujar Helen.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menpar Ajak Stakeholder Pariwisata Untuk Revolusi Digital

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format