Sempat Tertunda, Akhirnya Festival Nusa Penida Digelar Pada 6 Desember


Setelah sempat tertunda karena ancaman erupsi Gunung Agung, akhir  Festival Nusa Penida dapat digelar. Dinas Pariwisata Klungkung telah menetapkan tanggal 6 hingga 9 Desember sebagai tanggal digelar event pariwisata yang ke IV itu.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, I Nengah Sukasta mengatakan  untuk menetapkan  waktu pelaksanaan Festival Nusa Penida,  pihaknya telah berkoordinasi dengan lembaga resmi yang mengurusi Gunung Agung seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dalam koordinasi itu, Dinas Pariwisata Klungkung terus mendapatkan informasi seputar kondisi Gunung Agung. Yang terbaru status Gunung Agung kini telah diturunkan menjadi siaga. Atas dasar itulah  Dinas Pariwisata Klungkung untuk mencari tanggal yang cocok untuk menggelar Festival Nusa Penida.

Dinas Pariwisata telah merancang susunan acara dan waktu pelaksanaannya. Ini langsung di mulai setelah Hari Raya Galungan. Jika seluruhnya sudah rampung, maka langsung dipromosikan ke pelaku pariwisata maupun tempat-tempat yang menjadi tujuan wisatawan, salah satunya bandara. “Untuk tanggal sudah dipastikan,” ungkapnya.

Sementara Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyatakan pelaksanaan event ini tetap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Itu dikemas lebih banyak dengan pementasan seni dan budaya masyarakat Klungkung. Tidak ada penampilan artis nasional. “Kami tak ingin menonjolkan kesan pesta. Tetapi lebih mengenalkan kearifan lokal,” katanya.

Sesuai dengan rencana awal, festival ini terselenggara 5 sampai 8 Oktober 2017, berlokasi di Desa Jungutbatu. Namun, ditengah promosi, warga Karangasem mengungsi ke Klungkung seiring dengan peningkatan aktvitas Gunung Agung. Hal itu mengharuskan pemkab untuk menunda pelaksanaannya. Menyambut event yang diianggarkan Rp 1,7 miliar ini, beberapa desa sejatinya sudah melakukan persiapan pementasan kesenian. (Sumber Bali Post)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sempat Tertunda, Akhirnya Festival Nusa Penida Digelar Pada 6 Desember

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format