Andalkan Digitalisasi, PT AP II Buat Konsep Bisnis Baru


PT Angkasa Pura (AP II)  benar-benar menjadikan sektor digital sebagai penopang operasionalnya. Apalagi peran digitalisasi kini semakin meluas. Lihat saja teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu pesat. Untuk itu tidak salah, Jika PT AP II  selalu menggunakan sektor digital dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya para penumpang pesawat.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menyebut digitalisasi tidak pernah lepas dari perjalanan layanan PT AP II . Hal itu terlihat dari layanan kepada pelanggan yang terus ditingkaat seiringan dengan perkembangan tekonologi informasi. Hasilnya pun berhasil dengan mengekedepankan digilatisasi. para pelanggan mendapatkan kemudahan. Namun kini, ada konsep baru yang dimiliki PT AP II.

“Yakni sudah mulai masuk ke fase ‘New Business Enhancement’ untuk menghasilkan ‘New Revenue Stream’ yang masih dalam kategori adjacent portfolio Angkasa Pura II,” ujar Awaluddin.

Ada tiga hal konsep baru yakni Airport Big Data, Airport e-Commerce dan Airport e-Payment. Dalam Airport Big Data, salah satu yang akan dilakukan adalah pemanfaatan apps Indonesia Airports. Nantinya, lewat aplikasi itu, bandara-bandara di Angkasa Pura II boarding pass tidak lagi menggunakan kertas. Tapi menjadi e-boarding pass dan ada di dalam front end apps Indonesia Airports.

“Dimulai dengan maskapai Garuda Indonesia dan selanjutnya akan menyusul maskapai-maskapai penerbangan lainnya,” jelas Awaluddin.

Untuk saat ini aplikasi masih dalam tahap penyempurnaan di kalangan internal. Uji coba nantinya akan dilakukan pada sekitar awal Desember 2017 dan diprediksi bisa dilempar ke pasar paling cepat pada pertengahan kuarter 1 tahun 2018.

“Keuntungannya tentu untuk improving customer experience dan creating new business opportunity. Pengembangannya akan dilakukan melalui partnership dengan business partner strategis,” kata Awaluddin.

Arah digitalisasi berikutnya adalah pada Airport e-Payment. Selain sebuah bentuk inovasi digital, program ini juga merupakan bagian dalam mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di bandara-bandara Angkasa Pura II.

“Saat ini di outlet Periplus dan Family Mart Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah dapat dilayani dengan e-money non kartu dari Telkomsel Cash. Menyusul kemudian GoPay dan lain-lain,” ujar Awaluddin.

Hal ini dikatakannya merupakan komitmen dalam menjadikan Airport e-Payment System dapat terimplementasi untuk pembayaran di 800 tenant dan outlet Angkasa Pura II,” ujarnya.

Selain itu, dalam mendukung terwujudnya Airport e-Commerce, Angkasa Pura II bekerja sama dengan Grab, menyediakan lokasi khusus untuk layanan taksi daring ini.

Branch Communication Manager Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II, Dewandono Prasetyo Nugroho mengatakan, hal ini merupakan langkah dari AP II sebagai pengelola bandara yang harus menyiapkan lokasi khusus untuk taksi daring yang selama ini keberadaanya masih liar.

“Layanan ini akan mulai beroperasi Senin 23 Oktober 2017,” ujar Dewandono.

Ada pun fasilitas yang disediakan berupa booth yang tersedia di seluruh Terminal 1, baik A, B dan C. Sedangkan di Terminal 2 tersedia di D dan F. Untuk di Terminal 3, pengguna jasa dapat mengunjungi booth di internasional dan domestik.

Booth tersebut nantinya terdapat petugas operator yang siap melayani serta mengedukasi tentang pemesanan GrabCar melalui aplikasi GrabNow.

Namun Dewandono menegaskan, hal ini bukan berarti semua taksi daring sudah bisa langsung memanfaatkan layanan ini. Hanya khusus bagi sopir taksi daring yang terdaftar di Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol).

Sopir taksi online yang telah menjadi anggota koperasi dari Inkoppol itu sebelumnya wajib memiliki SIM A umum dan seragam khusus.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Andalkan Digitalisasi, PT AP II Buat Konsep Bisnis Baru

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format