Kirab Budaya Warnai Pelantikan Sri Sultan dan Paku Alam Sebagai Pemimpin DIY


Presiden Joko Widodo (Jokowi)  resmi melantik Sri Sultan Hamengkubuwono dan Paku Alam X‎ sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2017. Ada yang berbeda dari pelantikan orang nomer satu dan dua di DIY itu. Kali ini Presiden Jokowi mengemas pelantikan Sultan dan Paku Alam dengan kirab budaya.

Kirab budaya ini dilakukan dengan berjalan kaki oleh  Presiden Jokowi bersama Sri  Sultan dan Paku Alam serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo  dari Istana Merdeka menuju  Istana Negara tempat pelantikan digelar. Proses jalan kaki yang dimulai pukul 15.30 wib ini, diikuti oleh barisan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang lengkap dengan seragam  khas berwarna merah serta pasukan drum band paspampres.

Ada dua pesan yang ingin ditonjolkan melalui kirab budaya tersebut. Pertama, Presiden Jokowi ingin menunjukkan rasa respek dan penghargaannya kepada gubernur dan wakil gubernur sebagai pemimpin daerah.

Kedua, Jokowi ingin mengingatkan bahwa pemerintah daerah bukanlah terpisah dengan pemerintah pusat. Pemerintah daerah merupakan wakil pemerintah pusat di seluruh penjuru Indonesia. Sebab itu, kirab budaya itu menunjukan nilai-nilai sinergitas, mengayomi dan tanggung jawab.

Setibanya di Istana Negara pukul 16.05 WIB, prosesi pelantikan pun dimulai. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 107P/2017 tentang Pengangkatan Sri Sultan dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari para tamu.

Masa jabatan Sultan HB X dan Paku Alam X berakhir bulan ini. Sesuai dengan UU Keistimewaan DIY, keduanya kembali ditetapkan sebagai kepala dan wakil kepala DIY.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara pelantikan ini seperti Mendagri Tjahjo Kumolo, Seskab Pranomo Anung Menpan RB Asman Abnur, Menko Polhukam Wiranto serta Menkumham Yassona H. Laoly. Selanjutnya, Ketua DPD Osman Sapta Odang dan sejumlah anggota DPR.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirab Budaya Warnai Pelantikan Sri Sultan dan Paku Alam Sebagai Pemimpin DIY

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format