Transportasi Publik di Washington DC Dihiasi Wonderful Indonesia


Wonderful Indonesia kembali bersinar di luar negeri, kali ini branding pariwisata Indonesia itu  terpasang di bus-bus umum kota Washington DC , Amerika Serikat (AS). Pemasangan brand Wonderful Indonesia ini akan dilakukan selama satu bulan penuh.

Pemasangan  ini merupakan salah satu promosi pariwisata Indonesia kepada warga AS  maupun wisatawan mancanegara (wisman) yang  di Washington DC.

Duta Besar RI untuk AS Budi Bowoleksono mengatakan transportasi publik menjadi media strategis untuk mengkampanyekan Wonderful Indonesia. “Kami harap inisiatif ini akan dapat menjaring minat lebih banyak turis AS untuk mengunjungi Indonesia,” papar Budi, saat peluncuran gambar raksasa Dive Indonesia dan tagline Wonderful Indonesia di badan bus kota yang berlangsung di halaman depan KBRI Washington DC, Jumat 6 Oktober 2017,  dalam keterangan pers.

Kampanye Wonderful Indonesia diprakarsai oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk AS dan diddukung Kementerian Pariwisata RI serta kantor Walikota Washington D.C. Bus-bus yang dipasang brand Wonderful Indonesia ini digunakan sebagai media berjalan  untuk mengenalkan Indonesia kepada masyarakat AS khususnya di wilayah D.C., Maryland, dan Virginia (DMV). Terdapat 10 bus kota dan 2 bus pariwisata yang beroperasi sepanjang hari dan memuat gambar lokasi wisata di Indonesia. Lokasi-lokasi yang tampil di badan bus itu adalah Tana Toraja, Candi Borobudur, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, Pantai Lombok, DKI Jakarta, Danau Toba di Sumatera Utara, Bali, lokasi Diving di Wakatobi, Bunaken, dan Raja Ampat.

“Kami meyakini bahwa hubungan bilateral kedua negara akan semakin meningkat jika terjadi hubungan people-to-people yang intensif. Saling kunjung antar-masyarakat kedua negara akan sangat positif dalam membangun saling pengertian, serta nantinya membuka peluang kerja sama mupun pengembangan berbagai inisiatif yang bermanfaat bagi kedua negara,” tutur Budi.

Menurut Budi, kampanye ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang Indonesia kepada masyarakat. Pada akhirnya akan lebih banyak yang tertarik untuk tahu dan kemudian berkunjung ke Indonesia.

Data selama ini menunjukkan bahwa lebih dari 75 juta warga AS setiap tahun melakukan kunjungan wisata ke luar negeri. Dari angka tersebut hanya 5 juta diantaranya yang berkunjung ke Asia. Sementara data statistik Kementerian Pariwisata Indonesia menunjukkan, pada tahun 2016 kunjungan wisatawan AS ke Indonesia berada pada peringkat ke-12 dengan jumlah sekitar 296.000 wisatawan.

“Inisiatif luar biasa ini pasti akan memunculkan keingintahuan publik Amerika terhadap Indonesia. Kami siap bekerja sama dalam berbagai inisiatif lainnya untuk meningkatkan people-to-peole contact antara kedua negara,” tutur Secretary of the Office of the Mayor of Washington DC Lauren C Vaughan, yang hadir pada acara peluncuran kampanye tersebut.

Selain memanfaatkan bus kota, inisiatif kampanye Wonderful Indonesia yang dilaksanakan oleh KBRI Washington DC juga menampilan berbagai poster wisata yang dipasang di stasiun Metro/kereta bawah tanah serta di lokasi bike share di ibu kota AS. Sistem transportasi yang dikelola secara terintegrasi oleh Washington Metropolitan Area Transport Authority (WMATA) ini pada tahun 2016 melayani 5 juta penduduk wilayah DMV.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Transportasi Publik di Washington DC Dihiasi Wonderful Indonesia

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format