Produk Kuliner UKM Sumbar Dipromosikan ke Jerman


Kuliner daerah sudah seharusnya mendunia, agar masyarakat internasional mengetahui apa saja ciri khas makanan daerah di Indonesia. Hal itulah yang memincu produk-produk kuliner unggulan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumatera Barat (Sumbat) unjuk gigi  di salah satu negara di eropa yakni Jerman. Produk kuliner UKM Sumbar ini rencananya akan dipamerkan di pameran makanan dan minuman internasional terbesar di dunia yakni  Allgemeine Nahrung Genussmittel Austellung (ANUGA) 2017 di Cologne,  Jerman pada 7-11 Oktober 2017 mendatang.

“Sumbar satu-satunya provinsi yang diundang dalam pameran ini dan karena itu kita manfaatkan semaksimal mungkin,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Rabu, 4 Oktober 2017.

Kuliner yang ditampilkan oleh UKM Sumbar ini, salah satunya adalah rendang. Diketahui rendang  adalah makanan yang difavoritkan oleh pemerintah sebagai ikon makanan Indonesia. Tidak salah jika Pemerintah Provinsi Sumbar bersama UKM Sumbar ikut mempromosikan rendang di pameran ini.  Selain kuliner, juga ditampilkan  sejumlah kesenian daerah. Diharapkan dua hal itu bisa menjadi “pintu” bagi masyarakat internasional untuk mengenal Sumbar.

“Tentu saja harapannya mereka akan terpancing untuk mengenal lebih jauh tentang Sumbar dan tertarik untuk datang,” ujar Irwan.

Pemerintah Provinsi Sumbar benar-benar menjadikan pameran makanan dan minuman internasional ini sebagai peluang untuk mempromosikan berbagai produk Sumbar. Bukan hanya kuliner dan kebudayaannamun peluang investasi di Sumbar juka ikut ditawarkan. Karena itu rombongan yang berangkat ke Jerman akan diisi oleh tim investasi. Diharapkan  tim investasi dapat  menjajaki kemungkinan investasi dengan pemerintah maupun perusahaan swasta di Jerman.

“Tim investasi akan mengunjungi beberapa kota di sela kegiatan ANUGA, untuk upaya kerjasama investasi,” ujarnya.

Terkait keikutsertaan anggota DPRD Sumbar dalam rombongan, ia mengatakan hal penting untuk menyamakan persepsi terkait investasi.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal (DPM) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sumbar, Maswar Dedi yang turut berangkat ke Jerman menambahkan, jumlah rombongan yang akan berangkat sekitar 20 orang, terdiri atas sejumlah kepala dinas, DPRD dan sejumlah tim kesenian.

Kepala dinas yang berangkat di antaranya Kepala Dinas Koperindag dan UMKM, Dinas Pariwisata, Bappeda, Dinas Pendapatan dan Keuangan, dan Dinas Penanaman Modal. Ditambah empat orang anggota DPRD Sumbar.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Produk Kuliner UKM Sumbar Dipromosikan ke Jerman

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format