Kedatangan Sepasang Panda Asal China di Bandara Soetta Disambut Meriah


Setelah menempuh perjalanan sekitar lima jam  dari Bandara Internasional Shuangliu, Chengdu, China, akhirnya sekitar pukul 08.50 WIB, Kamis, 28 September 2017, sepasang Giant Panda tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Panda bernama Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) ini terbang dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia  nomor penerbangan GA887.

Kedatangan satwa endemik yang menjadi  ikon rakyat China  ini disambut  antaralain oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) , Siti Nurbaya, PLT Duta Besar China untuk Indonesia Sun Weide, Dirut Taman Safari Indonesia (TSI) Jansen Manansang dan Direktur Kargo Garuda Indonesia Sigit Muhartono.  Penyambutan sepasang Panda berusia tujuh tahun itu ditandai dengan pembukaan stiker kedua kandang panda oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Terminal  Kargo, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ini menjadi pertama kalinya Indonesia menerima koleksi sepasang Giant Panda dari Cina sekaligus menjadi negara ke-16 yang mendapatkan peminjaman Giant Panda untuk dikembangbiakan (breeding loan).

Kehadiran Cai Tao dan Hu Chun  merupakan tindak lanjut nota kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Rakyat Cina (RRC), serta nota kerja sama business to businessantara PT Taman Safari Indonesia (TSI) dengan China Wildlife Conservation Association (CWCA), pada 1 Agustus 2016 di Guiyang, Cina.

Dalam sambutannya, Menteri LHK  Siti Nurbaya mengatakan kehadiran sepasang giant Panda Hu Chun dan Cai Tao ini, menandakan hubungan diplomatik Indonesia dan China yang baik. “Hubungan diplomatik Indonesia dan China sudah lama terjalin dalam implementasi sites, dalam hal ini bidang konservasi,” kata Siti.

Menurut Siti, Kementerian LHK menunjuk Taman Safari Indonesia (TSI) sebagai lembaga konservasi yang akan merawat dan mengembangbiakan sepasang Panda tersebut. Kementerian LHK menilai TSI telah berpengalaman dan berhasil melakukan konservasi terhadap hewan langka sertsa juga memiliki nilai muta A sebagai lembaga konservasi yang diakui dunia.

“Kerjasama konservasi giant Panda ini diharapkan dapat menjadikan motivasi  bagi pengelola lembaga konservasi lainnya untuk melakukan pengelolaan konservasi jadi lebih baik sesuai standard an peraturan yang ada,” ujar Siti.

Sementara itu, PLT Dubes China Sun Weide juga menyampaikan rasa syukur karena Cai Tao dan Hu Chun tiba dengan selamat. Sun Weide berharap kedatangan Panda ini dapat mempererat hubungan kedua negara pada level yang lebih tinggi lagi

“Semoga anak-anak Indonesia bisa tahu seperti apa bentuk Panda yang asli. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, saya berharap agar keduanya bisa menjadi sarana edukasi,” kata Weide.

Dua Panda lucu ini selanjutkan akan dikarantina oleh TSI selama satu bulan sebelum diperlihatkan kepada pengunjung TSI.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kedatangan Sepasang Panda Asal China di Bandara Soetta Disambut Meriah

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format