Puluhan Penyelam Akan Meriahkan Festival Pesona Takabonerate 2017


Jika anda memiliki rencana ke Kepulauan Selayar, pastikan tanggal kunjungan anda ada di tanggal 23 hingga 27 Oktober 2017. Pasalnya pada tanggal itu, salah satu wisata bahari miliki Sulawesi Selatan ini akan digelar Festival Pesona Takabonerate. Berbagai kegiatan dan acara menarik telah dipersiapkan guna menarik minat lebih banyak lagi wisatawan ke daerah yang dikenal dengan Taman Nasional Takabonerate itu. Acara yang digelar tersebut,  diantaranya lomba atraksi bahari seperti balap sampan, besak hias, renang masal, serta lomba jolloro hias.

Tak ketinggalan, puluhan penyelam juga disiapkan untuk memeriahkan event pariwisata ini.  Para penyelam tersebut bukan hanya berasal dari dalam negeri, namun dari luar negeri juga akan unjuk kebolehan dalam menyelam.

“Jadi khusus untuk underwater, peserta yang kami terima sebanyak 90 orang yang bukan hanya penyelam dari Indonesia namun dari luar negeri seperti Australia, Malaysia dan Singapura,” kata  Kepala Dinas Kepariwisataan Kepulauan Selayar Ince Rahim di Makassar, Senin, 11 September 2017.

Ince menjelaskan untuk penyelam, pihak panitia tidak bisa menampung semua penyelam yang berminat meramaikan faestival ini, namun ada batasan jumlah penyelam mengingat peralatan penyelam yang disediakan terbatas. Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengakui lebih selektif menerima peserta penyelam karena menghindari kerusakan biota laut saat penyelaman.

Para penyelam yang diperbolehkan ikut adalah penyelam yang memiliki jam terbang  mumpuni dan juga telah memiliki sertifikasi penyelaman yang resmi. “Kami memang lebih selektifhanya bagi penyelam yang punya pengalaman demi menghindari terjadinya kerusakan biota laut kita. Jangan sampai penyelam menginjak-nginjak dan membuat bunga karang menjadi rusak,” ujar Ince.

Bupati Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali mengatakan keindahan bawah laut yang ada di Kawasan Takabonerate memang perlu dijaga dan dilestarikan. Makanya untuk penyelenggaraan kegiatan bawah lautnya akan lebih diprioritaskan bagi para penyelam yang sudha memiliki lisensi atau pengalaman.
“Kami tidak ingin setelah kegiatan justru kondisi bawah laut menjadi rusak. Itupun yang membuat kami lebih selektif memilih peserta untuk kegiatan underwater. Kami juga bersyukur ternyata kegiatan ini mendapatkan respons positif,” sebutnya.
Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik penyelenggaraan festival di Takabonerate itu. Menurut dia, wisata bahari dengan sentuhan budaya akan membuat Kepulauan Selayar semakin populer sebagai destinasi wisata.

Ia mengatakan, penyelenggaraan festival merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mempromosikan satu daerah atau destinasi pariwisata yang ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Tidak kalah pentingnya sebuah eventatau festival akan menggairahkan dan membangkitkan kesenian dan kebudayaan lokal yang merupakan modal dasar pembangunan kepariwisataan,” kata Arief Yahya.

Oleh karena itu Menpar yakin “Festival Pesona Takabonerate” dan deretan kegiatan pariwisata lainnya akan menjadi ikon yang bisa mencitrakan Kepulauan Selayar sebagai destinasi pariwiasta berkualitas sehingga makin menarik kedatangan wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Puluhan Penyelam Akan Meriahkan Festival Pesona Takabonerate 2017

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format