Calon Pendaki Wajib Daftar Online Jika Ingin ke Puncak Semeru


thumbnail-caption

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menerapkan aturan baru bagi para calon pendaki Gunung Semeru. Aturan baru itu yakni kepada calon pendaki diminta mengajukan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) secara online per tanggal 1 Oktober 2017 mendatang.

Hal itu dikonfirmasi oleh Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Nova Elina. “(Aturan itu) Untuk lebih memudahkan mengontrol kuota dan mengecek para pendaki (Gunung Semeru),” kata Nova seperti yang dilansir Kompas Travel, beberapa waktu lalu.

Dengan dibukanya pendaftaran online, maka pada 1 Oktober 2017 secara otomatis, calon pendaki  yang mendaftar langsung dipintu masuk pendakian Gunung Semeru akan ditutup. Menurutnya, prosedur baru pengajuan Simaksi tersebut masih dalam proses pembahasan lebih lanjut.

“Prosedurnya hampir sama. Hanya SOP (Standar Operasi Prosedur) akan kami sederhanakan. (Aturan baru ini) Masih dalam proses pembahasan untuk detailnya. Nanti kalau SOP-nya sudah di-updateakan saya infokan ya,” tambahnya.

Simaksi adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki calon pendaki untuk bisa mendaki gunung di kawasan konservasi seperti di area taman nasional. Namun Simaksi yang diajukan lewat pintu masuk pendakian terkadang  kesulitan untuk mendata para pendaki. Pendataan sangat penting agar pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dapat mengetahui profil  dan jumlah pendaki. jika ada disuatu saat ada kecelakaan terjadi saat melakukan pendakian,  dengan data yang dipegang tersebut, pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dapat cepat untuk melakukan pertolongan.

Sebelumnya, calon pendaki Gunung Semeru bisa melakukan pengajuan Simaksi secara langsung sebelum memulai pendakian. Simaksi adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki calon pendaki untuk bisa mendaki gunung di kawasan konservasi seperti di area taman nasional.

Pengajuan Simaksi pendakian Gunung Semeru secara online sebenarnya telah dimulai. Namun, aturan tersebut belum berjalan secara penuh. Pendakian Gunung Semeru bisa dilakukan melalui jalur Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Gunung Semeru berstatus gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Calon Pendaki Wajib Daftar Online Jika Ingin ke Puncak Semeru

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format