Festival Biak Munara Wampasi 2017 Akan Sajikan Beragam Keunikan Budaya Papua


Festival Budaya Biak Munara Wampasi (BMW) akan segera berlangsung, digelar pada 1-4 Juli 2017 berlokasi di Biak Papua. Nantinya akan disajikan budaya asli orang Papua ditambah dengan beragam keunikan yang ada kawasan di sekitar Biak.

“Yang ingin merasakan sensasi keindahan alam dan budaya Papua, silakan tonton Festival BMW di Biak,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Senin 19 Juni 2017.

Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, memang luar biasa dalam hal atraksi. Letak kawasan dipagari panorama Laut Pasifik. Serta gugusan Kepulauan Biak Numfor yang asri tertutup hutan hujan serta beranekaragam fauna seperti spesies burung endemik serta kekayaan bahari yang melimpah.

Untuk wisata sejarah sendiri adalah ketika Kesultanan Tidore yang menguasai kepulauan ini pada awalnya, lalu menjadi medan perang antara tentara Sekutu dan Jepang pada Perang Dunia II, serta sempat dibombardir oleh Amerika Serikat pada 29 Mei 1944. Selanjutnya, pada 2005 Pemerintah Rusia ingin menjadikan Biak sebagai lokasi peluncuran roket dan satelit dikarenakan lokasi yang snagat strategis. Selain itu Bandara di Biak juga pernah disinggahi penerbangan Jakarta – Biak – Honolulu – Los Angeles yang akhirnya ditutup akibat krisis moneter pada 1997.

“BIAK adalah kepanjangan dari Bila Ingat Akan Kembali. Sudah pasti wisatawan yang pernah datang ke sini akan kembali untuk menyaksikan keindahan Pulau Biak. Selain dekat dengan rumah hiu paus di Teluk Cendrawasih, hamparan atol, dan terumbu karang, Biak juga memiliki tempat-tempat indah yang sangat layak dikunjungi,” jelas Arief.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Turbey Ony Dangeubun sependapat dengan Menpar Arief Yahya. Dia menjelaskan akan adanya banyak keseruan yang dikemas di Festival BMW 2017. Untuk kegiatan memancing nantinya akan ada penangkapan ikan tradisional di air laut yang surut (snapmor). Lalu ada atraksi budaya berjalan di atas batu panas apen byaren. Dan untuk kegiatan bahari adalah adanya lomba perahu tradisional waimansusu dan wisata ke objek di Kepulauan Padaido/Aimando serta lomba foto bawah laut.

Panitia menyebutkan untuk lomba foto bawah laut sudah dibanjiri banyak peserta, baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

“Sudah ada 39 peserta yang mendaftar. Lomba Foto Bawah Laut ini sangat istimewa karena digelar selama 5 hari. Peserta akan mendapatkan kesempatan menyelam sebanyak 5 kali untuk mengambil foto bawah laut terbaik,” ujar Turbey.

Yang bikin oke, para peserta lomba akan melakukan foto bawah laut tidak hanya di satu lokasi. Spot yang disiapkan banyak. Dari mulai Catalina Wreck, Pulau Wundi , Pulau Rurbas Kecil, Barracuda Point dan Pulau Owi, semua siap menyambut peserta logmba. Tidak hanya menyelam, tapi peserta juga akan diikutkan mengikuti tour wisata. “Di hari terakhir, 4 Juli 2017, semua peserta akan ikut Land tour. Tiga lokasi wisata kami siapkan, Goa Jepang, Monumen Perang dunia Ke II, Goa 5 Kamar,” tambah Turbey.

Yang hobi lari juga bisa ikutan happy. Karena di tengah acara, ada even lari Internasional Biak 10K yang siap menyapa. Dan di even ini, peserta lombanya juga datang dari luar negeri. “Banyak yang rela antre karena rutenya eksotis dan menantang. Jalurnya melintasi crossborder Papua Nugini. Yang penasaran, silakan daftar. Dijamin bakal ketagihan,” lanjut Turbey.

Guna menyukseskan festival BMW 2017, Dinas Pariwisata Biak berkolaborasi dengan instansi lainnya seperti manajemen pengelola bandara Frans Kaisiepo PT Angkasa Pura 1 untuk membantu promosi.

“Saya optimistis ajang festival BMW 2017 yang menyajikan berbagai atraksi budaya mampu menarik kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Biak,” imbuh Turbey.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan bahwa Kemenpar juga selalu memberikan dukungan penuh kepada daerah yang mendorong mengedepankan calender eventnya secara konsisten.

“Pastikan kekuatan konsep acara, keunikan, kuliner yang khas dan keramahtamahan masyarakat ditunjukkan kepada wisatawan,” tegas Esthy.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Festival Biak Munara Wampasi 2017 Akan Sajikan Beragam Keunikan Budaya Papua

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format