Pantai Jemeluk Amed Bali Tawarkan Wisata Mengirim Kartu Pos di Dasar Laut


Di era 90-an kartu pos menjadi raja untuk mengirim pesan kepada saudara, kerabat dan sahabat. Kini kartu pos ketenarannya sudah meredup seiring perkembangan teknologi. Masyarakat lebih memilih mengirim pesan via ponsel pintar ketimbang lewat kartu pos.

Namun bagi anda yang rindu akan  kartu pos sekaligus orang yang peduli akan kelestarian lingkungan dan juga hobi menyelam,  jangan khawatir karena di di Pantai Jemeluk, Amed,  Kabupaten Karangasem, Bali masih ada kotak pos.

Kotak pos ini berbeda dengan kotak pos yang kita jumpai di jalanan. Kotak pos di di Pantai Jemeluk, Amed ini berada di dasar laut. Keberadaan kotak pos tersebut merupakan salah satu daya tarik untuk wisatawan mancenegara (wisman) atau wisatawan nusantara (wisnus) yang memiliki hobi menyelam.

Kartu pos ini kedap air sehingga bisa ditulis. Untuk mendapat kartu pos tersebut, para wisatawan bisa membeli di Coral Ree Alliance dengan harga Rp 10.000 per kartu pos. Coral Ree Alliance adalah sebuah lembaga konservasi yang berupaya menjaga kelestarian laut Amed.

Wisata mengirim kartu pos di dasar laut ini memiliki tujuan yang mulia yakni uang yang diperoleh dari setiap penjualan kartu pos, digunakan untuk mendanai program pelestarian laut di Amed. Jadi selain berwisata, wisatawan bisa beramal ikut melestarikan alam.

Yang menarik dari penyelaman di Jemeluk, selain taman bawah lautnya yang memesona dengan aneka warna terumbu karang dan ikan-ikan lucunya, para wisatawan juga bisa menyusuri galeri patung beton yang ditanam oleh warga Amed dan didukung oleh Coral Reef Alliance.

Setidaknya ada lebih dari tujuh patung  seperti patung  Abshara, Mermaid, Bola Dunia, Tikus, Barong, Hanoman, dan Kepala Bayi. Patung-patung ditanam secara betahap dengan harapan akan menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang dan rumah bagi bermacam-macam jenis ikan  dan penghuni laut lainnya.

Diving hanya satu dari sejumlah aktivitas wisata di Karangasem.  Saya sempatkan juga mampir ke Rumah Pohon yang terletak di Desa Batu Dawa, Tulamben, Karangasem.

Rumah pohon adalah sebuah kawasan wisata yang memiliki sejumlah rumah yang memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di area wisata tersebut.

Di dalamnya ada candi batu yang terbuat dari hasil kerukan tanah untuk dibuat pengairan, rumah-rumah kayu, kebun sayur dan buah juga hewan ternak dan peliharaan.

Tempat wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi di Karangasem adalah Bali Chocolate Factory yang terletak di Desa Jasri, Karangasem.

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pantai Jemeluk Amed Bali Tawarkan Wisata Mengirim Kartu Pos di Dasar Laut

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format