Wow, Wisata Susur Sungai Maron Seperti Berada di Amazon


Pacitan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki sejumlah tempat wisata indah. Kota yang dikenal dengan julukan Kota Seribu Goa ini tak hanya terkenal dengan wisata Goanya atau wisata pantainya saja, namun untuk lebih seru lagi, wisatawan dapat mencoba wisata susur Sungai Maron.

Sungai Maron, demikian nama destinasi yang belum banyak diketahui oleh banyak orang yang berkunjung ke Pacitan. Sungai ini menjadi surga tersembunyi dari kabupaten berjuluk Kota 1001 Gua. Kawasan wisata alam pedesaan beratmosfer hutan tropis ini memang masih begitu baru. Namun, pengunjung wisata susur sungai ini sudah mulai berdatangan dari berbagai daerah. Bahkan sungai ini dikenal dengan nama Amazonnya Indonesia, karena keeksotisan dan keindahan panoramanya serta airnya berwarna hijau, persis dengan sungai Amazon. Namun jika musim hujan, berwarna coklat pada bagian tengahnya.

Deretan perahu-perahu bersandar di tepi sungai yang dapat terlihat dari jalan di atas sungai yang akan kalian lalui hingga menuju dermaga kecil. Dari pintu masuk hanya berjarak sepuluh sampai 20 meter saja. Tiket masuk menuju tempat ini hanya Rp2.000 saja per orang. Sesampainya di lokasi parkir kendaraan, alam pedesaan langsung terasa. Objek wisata ini berjarak 45 kilometer dari kota Pacitan.

Untuk bisa menikmati wisata susur Sungai Maron, akan ada loket sewa perahu. Di mana ada dua jenis tiket yang dapat dipilih pengunjung. Jika wisatawan  datang berbarengan dengan banyak teman, pilih perahu berkapasitas lima sampai enam orang. Harga sewa satu perahu ini Rp100.000, sedangkan untuk pengunjung yang hanya datang berdua, maka bisa menyewa kapal yang berukuran lebih kecil dengan harga sewa Rp75.000.

Wisatawan bisa menyewa perahu kecil yang muat sampai lima orang penumpang. Menyusuri sungai Maron yang dalamnya mencapai 20 meter. Panjang sungai yang dilewati mencapai 4.5 km untuk mencapai Pantai Ngriboyo.
Pengunjung Sungai Maron pacitan akan disuguhkan dengan keindahan alam yang masih hijau alami di sepanjang pinggir sungai. Dengan karakter air yang jernih dan berwarna sedikit kehijauan pengunjung akan sesekali dapat melihat beberapa jenis ikan bersliweran. Berdasarkan info yang dihimpun dari piknikasik.com, Sungai Maron adalah salah satu habitat alami ikan kakap merah.

Panorama hijau tidak bisa dihilangkan di sepanjang sungai Maron. Karena memang berada di tengah-tengah hutan yang ditumbuhi dengan pepohonan yang hiaju. “Kalau disini memang kanan kiri hutan, Mbak. Awalnya saja di dekat dermaga ada pemukiman. Kalau di perjalanan ya sungai dan hutan,” kata Sujadi, salah satu pemilik perahu, seperti yang dikutip sejumlah media online.

Dia mengatakan, pembukaan susur sungai Maron juga karena viralnya wisata hutan saat ini. Karena banyak yang ke sungai Maron untuk foto, akhirnya dibuka lah susur sungai Maron yang berujung di Pantai Ngiroboyo.

Sementara, Pantai Ngriboyo, juga berada di tengah hutan. Cuma pada pintu masuk sebelah utara, sudah pemukiman warga. Untuk pintu masuk sebelah barat, pintu masuk bagi wisata yang melalui susur sungai Maron.

Seperti pantai yang berada pada laut Selatan pada umumnya, Pantai Ngriboyo mempunyai ombak yang ganas namun tidak mematikan. Dengan pasir putih yang berbalut hitam.

Bagaimana dari ulasan di atas mengenai susur Sungi Maron, seru bukan. Buruan datang ke Pacitan untuk nikmati wisata susur Sungai Maron layaknya susur sungai Amazon.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Cry Cry
0
Cry
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wow, Wisata Susur Sungai Maron Seperti Berada di Amazon

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format